Perancangan Sistem Informasi Penyewaan Equipment Event Berbasis Web Pada Quproduction Qupro Indonesia

Zulfikar Jafar Shidiq, Ika Nurlaili Isnainiyah

Abstract


Quproduction merupakan salah satu penyedia jasa penyewaan alat-alat untuk kebutuhan acara seperti konser musik, seminar, dan lain-lain. Sistem yang berjalan seperti ini dinilai kurang efektif karena masih ditemukan kendala yang dialami pihak penyedia jasa, Berdasarkan hal tersebut maka penulis mengusulkan pembuatan sistem informasi penyewaan alat-alat event berbasis website. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Waterfall. Analisis kebutuhan sistem dilakukan menggunakan metode PIECES, dan desain sistem usulan menggunakan metode UML(Unified Modelling Language). Berdasarkan hasil dari pengembangan sistem dapat tercipta suatu sistem informasi penyewaan yang baru berbasiskan website dimana terdapat beberapa fitur untuk digunakan baik dari pihak penyewa maupun admin. Fitur – fitur utama yang terdapat dalam aplikasi ini yaitu penyewa dapat melakukan penyewaan langsung di dalam aplikasi dan admin bisa melakukan pengelolaan barang yang dapat disewa di aplikasi ini.

Keywords


Sistem Informasi Penyewaan; website; Waterfall; PIECES; UML

References


E. Y. Anggraeni, Pengantar sistem informasi. Yogyakarta: CV Andi Offset, 2017.

R. Abdulloh, 7 in 1 Pemrograman web untuk pemula. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2018.

J. Chandra, “Rancang Bangun Aplikasi Penyewaan Mobil Online Di Pt. Bandung Era Sentra Talenta,” J. Teknol. dan Inf., vol. 6, no. 11, p. 43, 2016.

C. Tristianto, “Penggunaan metode waterfall untuk pengembangan sistem monitoring dan evaluasi pembangunan pedesaan,” ESIT, vol. 12, pp. 8–22, 2018.

S. Subianto, “Perancangan Sistem Informasi Pendataan Warga Miskin Dengan Metode Pieces,” Infokam, pp. 55–56, 2019, [Online]. Available: http://amikjtc.com/jurnal/index.php/jurnal/article/view/169.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.