Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan dengan Metode Simple Additive Weighting Berbasis Website pada Weneverworthless Store

Muhammad Wildan Alfaruq, Ati Zaidiah, Sarika Sarika

Abstract


Karyawan merupakan bagian penting dari suatu perusahaan. Oleh sebab itu, perusahaan patut memiliki sumber daya manusia berkualitas supaya dapat bersaing dengan perusahaan lainnya. Perekrutan karyawan memerlukan suatu Sistem Pendukung Keputusan (SPK) seleksi karyawan yang terarah setakar demi tujuan perusahaan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan berbasis website untuk penerimaan karyawan pada Weneverworthless Store. Simple Additive Weighting (SAW) menjadi metode SPK yang dipilih karena adanya seleksi alternatif terbaik dari beberapa alternatif melalui proses perangkingan. Pembuatan sistem dilakukan dengan metode Rapid Application Design (RAD). Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah suatu aplikasi sistem pendukung keputusan berbasis website yang menjadi alat seleksi penerimaan karyawan yang dibutuhkan perusahaan.

Keywords


Sistem Pendukung Keputusan; Simple Additive Weigting; Penerimaan Karyawan

References


CNNIndonesia.com, (2020). Pencari Kerja di Indonesia Tembus 6,9 Juta Orang per Tahun. [online] CNN Indonesia. Tersedia di: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20201118154433-532-571422/pencari-kerja-di-indonesia-tembus-69-juta-orang-per-tahun [diakses 15 Nov. 2020].

Hamdani. (2018). Teori dan Praktik Pengambilan Keputusan; dalam perspektif manajemen dan akuntansi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Mulyani, S. (2016). Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi Sistematika.

Nofriansyah, D. dan Defit, S. (2017). Multi Criteria Decision Making (MCDM) pada Sistem Pendukung Keputusan (1st ed.). Yogjakarta: Deepublish.

Rahman, D. (2020). Buku Ajar Konsep Sistem Informasi. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Taufiq, R. (2020). Sistem Pendukung Keputusan; Pengantar, Contoh Soal dan Pembahasan Menggunakan Metode Grafik, Simpleks, SAW, TOPSIS, dan AHP. Jakarta: Mitra Wacana Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.