Redesign Aplikasi Gravote Dengan Metode Design Thinking

Anissa Edriani Zahra, Ati Zaidiah, Ika Nurlaili Isnainiyah

Abstract


Voting merupakan salah satu metode untuk mengambil suatu keputusan bersama melalui pemungutan suara. Namun, masih banyak kekurangan dalam pelaksanaan pemungutan suara di Indonesia, termasuk di lingkup UPN Veteran Jakarta. Salah satunya karena metode pengambilan suara yang konvensional menyebabkan adanya ruang kemungkinan terjadinya kesalahan dalam perhitungan suara, sehingga hasil keputusan yang tidak terjamin keabsahannya. Aplikasi pemungutan suara online berbasis android bernama “Gravote” yang diperuntukan bagi organisasi mahasiswa di UPN Veteran Jakarta, dirancang untuk mengatasi kekurangan dan masalah yang terjadi pada pemungutan suara secara manual. Namun, fitur-fitur pada aplikasi Gravote belum memenuhi kebutuhan pengguna secara maksimal. Diperlukan pengkajian ulang untuk mengetahui apa saja kebutuhan organisasi mahasiswa terkait kegiatan voting. Maka dari itu dilakukan redesign menggunakan metode design thinking agar aplikasi Gravote dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Setelah dilakukan redesign, hasil usability testing menggunakan ISO/IEC 9126-4 Metrics menunjukan bahwa prototipe aplikasi Gravote dari segi efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna sudah baik.

Keywords


Voting; User Experience; User Interface; Design Thinking Method

References


M. Soegaard, The Basics of User Experience Design, Kindle. United States: Interaction Design Foundation, 2018.

R. Abdhal, H. Afriwan, and S. Ahdi, “Redesign Logo Pabrik Tahu ‘CNG’ Kota Solok,” Int. J. Soil Sci., vol. 10, no. 1, pp. 1–14, 2015, doi: 10.3923/ijss.2017.32.38.

A. Mursyidah, I. Aknuranda, and H. M. Az-zahra, “Perancangan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Prosedur Pelayanan Umum Menggunakan Metode Design Thinking ( Studi Kasus : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya ),” vol. 3, no. 4, pp. 3931–3938, 2019.

D. Kelley and T. Brown, “An introduction to Design Thinking,” Iinstitute Des. Stanford, 2018, doi: 10.1027/2151-2604/a000142.

A. N. Balqis, L. Ramadhana, and I. N. Isnainiyah, “Perancangan Aplikasi E-Voting Grab Your Vote ( Gravote ) Berbasis Android Pada Lingkup Perguruan Tinggi,” Semin. Nas. Sist. Informasi, Inform. Dan Keamanan Siber, pp. 132–138, 2018.

M. J. V. e Silva, Y. V. e S. Filho, I. K. Adler, B. de F. Lucena, and B. Russo, Design Thinking: Business Innovation, 1st ed. Rio de Janeiro: MJV Tecnologia ltda, 2012.

S. Robinson, G. Arbez, L. G. Birta, A. Tolk, and G. Wagner, “Conceptual modeling: Definition, purpose and benefits,” Proc. - Winter Simul. Conf., vol. 2016-Febru, no. December, pp. 2812–2826, 2016, doi: 10.1109/WSC.2015.7408386.

I. A. H.N, P. I. Nugroho, and R. Ferdiana, “Pengujian Usability Website Menggunakan System Usability Scale,” J. IPTEKKOM J. Ilmu Pengetah. Teknol. Inf., vol. 17, no. 1, p. 31, 2015, doi: 10.33164/iptekkom.17.1.2015.31-38.

N. wayan E. Erawati, I. K. R. Arthana, and I. M. A. Pradnyana, “Usability Testing Dengan Iso/Iec 9126-4 Sistem Informasi Akademik Universitas Pendidikan Ganesha Ditinjau Dari Pengguna Dosen,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 15, no. 2, pp. 287–297, 2018, doi: 10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14502.

R. P. Amini, I. M. A. Pradnyana, and I. M. A. Wirawan, “Evaluasi Usability Pada Sistem Informasi Permohonan Kendaraan Dinas (Simonas) Pt. Pln (Persero) Unit Induk Distribusi Bali Up3 Bali Utara Sesuai Iso 9241-11 Dan Eight Golden Rules,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 16, no. 1, p. 129, 2019, doi: 10.23887/jptk-undiksha.v16i1.17062.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.