Perancangan Sistem Informasi Penjualan Pada Kedai Kopi Pujangga Dengan Metode Waterfall Berbasis Web

Muhammad Rizky Angga Nugroho, Ati Zaidiah, Sarika Afrizal

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk membuat sebuah Sistem Informasi Penjualan berbasis web pada Kedai Kopi Pujangga yang bergerak di bidang food and beverages (F&B). Kedai ini melakukan proses penjualan masih secara konvensional, Hal ini dapat beresiko apabila adanya kehilangan bukti penjualan yang keluar akibat dari kesalahan manusia. Selain itu, laporan penjualannya juga masih dilakukan secara manual dan dilakukan setiap minggu. Karena proses penjualan ini masih dilakukan secara manual, pemilik kedai menjadi sulit untuk mengontrol penjualannya karena beresiko terjadinya miss sehingga harus dilakukan stock opname untuk memeriksa kembali hasil penjualan. Dengan ini proses yang berjalan menjadi tidak efektif dan efisien. Maka dalam kasus ini dibutuhkan sebuah Sistem Informasi Penjualan yang dapat merekam transaksi penjualan dan membuat laporan penjualan secara otomatis dan realtime. Hasil penelitian ini berupa Sistem Informasi Penjualan yang dibuat ini berbasis website untuk membantu menyelesaikan masalah penjualan kopi di Kedai Kopi Pujangga.


Keywords


Sistem Informasi Penjualan; Web; Waterfall; MySQL

References


Mulyadi. 2017. Sistem Akuntansi. Edisi Keempat. Jakarta : Salemba Empat.

Wasson, Charles S. 2016. System Engineering Analysis, Design, and Development : Concepts, Principles, and Practices. Second Edi. Hoboken : John Wiley & Sons, Inc.

Fauzi, Rizki Ahmad. 2017. Sistem Informasi Akutansi (Berbasis Akutansi). Yogyakarta : Deepublish

Anggraeni, E. Y. & Irvani, R. 2017. Pengantar Sistem Informasi. 1 penyunt. Yogyakarta : Andi.

Reynolds, George W. and Ralph M. Stair. 2018. Fundamentals of Information Systems. Ninth Edit. Boston : Cengage Learning.

Faizal, M., & Putri, S. L. 2017. Sistem Informasi Pengolahan Data Pegawai Berbasis Web (Studi Kasus PT Perkebunan Nusantara VII Tambaksari. Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1-23.

Dermawan, J., & Hartini, S. 2017. Implementasi Model Waterfall Pada Pengembangan Berbasis Web Pada Sekolah Dasar Al-Azhar Syifa Budi Jatibening. 19(2).

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2016. Manajemen Pemasaran. Depok : PT Raja Grafindo Persada

Endra, R. Y., & Aprilita, D. S. 2018. E-Report Berbasis Web Menggunakan Metode Model View Controller Untuk Mengetahui Peningkatan Perkembangan Prestasi Anak Didik. Explore – Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika, 9(3), 15–22.

Br Ginting, Khairunnisa, Naufira Septriyanti, Purba Daru Kusuma, dan Andrew Brian Osmond. 2018. Pengembangan Motif Karang Jenis Acropora Palifera Pada Aplikasi Batik Berbasis Web. E-Proceeding of Engineering. Vol. 5, No. 1, Maret 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.