PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN PAKET LAYANAN INTERNET

Bella Febri Triani Sopian, Ermatita -

Abstract


Pengguna internet pada era sekarang ini meningkat 15,5 persen dibandingkan tahun lalu. Perkembangan jaringan internet dalam era sekarang berkembang pesat dalam kebutuhan setiap pengguna untuk mengakses berbagai informasi. Dalam hal nya tahun ini sedang terjadinya virus Covid-19 yang berakibatkan seluruh pekerjaan dilaksanakan di rumah secara daring dan koneksi internet sangat dibutuhkan oleh kebanyakan orang, baik dari pelajar, mahasiswa maupun pegawai lainnya. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan penulis dengan 44 responden yang telah menggunakan paket internet sebelumnya, didapatkan bahwa banyak pengguna yang salah memilih paket internet karena waktu pemakaian yang tidak sesuai dengan target pembelian. Oleh karena itu pengguna mengalami kesulitan untuk mengambil keputusan dalam pemilihan paket layanan internet. Dari permasalahan tersebut perlunya dibangun sebuah sistem pendukung keputusan pemilihan paket layanan internet dengan menerapkan metode SAW dalam penelitian ini. Metode Simple Additive Weighting (SAW) merupakan metode dapat menentukan bobot nilai masing-masing atribut, kemudian dapat menentukan perankingan sehingga dapat dipilih alternatif terbaik dari beberapa alternatif. Sehingga didapatkan hasil akhir alternatif terbaik dari proses perankingan provider.


Keywords


Paket internet, Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive Weighting (SAW).

References


Anggraeni, Yulli. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Produk Provider GSM Menggunakan Metode Weighted Product. Diss. Universitas Pendidikan Indonesia, 2013.

Aris Kurniawan. 2021. Sistem Pendukung Keputusan di https://www.gurupendidikan.co.id/sistem-pendukung-keputusan/#:~:text=Manfaat%20Sistem%20Pendukung%20Keputusan,-SPK%20dapat%20memberikan&text=Manfaat%20yang%20dapat%20diambil%20dari,sangat%20kompleks%20dan%20tidak%20terstruktur.

Elistri, M., Wahyudi, J., & Supardi, R. (2014). Penerapan metode saw dalam sistem pendukung keputusan pemilihan jurusan pada Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Seluma. Jurnal Media Infotama, 10(2).

Hastuti, T. P., & Wismarini, T. D. (2019). Implementasi Metode Fuzzy Saw Untuk Pemilihan Laptop Pada Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Web.

Irawan, I. (2018). Pengembangan Sistem Informasi Akademik Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 1(2), 55-66.

Medyati, F. S., Aritonang, M., & Rizki, S. W. (2019). Analisis Pemilihan Paket Layanan Internet Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process Dan Simple Additive Weighting. BIMASTER, 8(3).

Pawestri, D. (2013). Perbandingan Penggunaan Metode Ahp Dan Metode Saw Untuk Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Paket Layanan Internet.

Prasetyo, B., Saptomo, W. L. Y., & Siswanti, S. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Paket Internet Operator Telekomunikasi Dengan Metode Ahp (Analytical Hierarchy Process). Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIKomSiN), 1(2).

Resti, N. C. (2017). Penerapan Metode Simple Additive Weighting (SAW) pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lokasi untuk Cabang Baru Toko Pakan UD. Indo Multi Fish. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 1(2), 102-107.

Ruskan, E. L., Ibrahim, A., & Hartini, D. C. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Hotel Di Kota Palembang Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW). JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), 5(1).

Setiadi, A., Yunita, Y., & Ningsih, A. R. (2018). Penerapan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Untuk Pemilihan Siswa Terbaik. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 7(2), 104-109.

Tita, E. (2016). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan. Jurnal Sistem Informasi, 8(1), 966-977. Turban , Efraim & Aronson, Jay E. 2001. Decision Support Systems and Intelligent Systems. 6th edition. Prentice Hall: Upper Saddle River, NJ.

Turban, Efraim & Aronson, Jay E. 2011. Decision Support Systems and Intelligent Systems 6th edition. Prentice Hall: Upper Saddle River. New Jersey.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.