Identifikasi Penyakit Daun Kentang Berdasarkan Fitur Tekstur dan Warna Dengan Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor

Luthfiyah Amatullah, Ivtytah Ein, Mayanda Mega Santoni

Abstract


Tanaman kentang memiliki potensial yang cukup besar untuk dikembangkan di Indonesia. Walaupun memiliki potensial yang besar produksi dan produktivitas tanaman ini tiap tahunnya mengalami penurunan yang cukup drastis dikarenakan adanya beberapa kendala, salah satunya disebabkan oleh serangan hama dan penyakit. Untuk membantu memprediksi serangan hama dan penyakit sejak dini pada tanaman kentang dibutuhkannya sebuah sistem. Penelitian ini berisi tentang membuat suatu sistem atau program yang bertujuan untuk mengidentifikasi penyakit daun kentang dengan memanfaatkan metode K-nearest neighbor (KNN) untuk ekstraksi fitur tekstur dan warna pada tanaman kentang. Tahap perancangan sistemnya dari proses resize (praproses data citra), ekstraksi fitur, pembagian data (data test dan train), dan perhitungan nilai akurasi dan prediksi. Dengan sistem identifikasi ini nantinya akan menghasilkan output berupa hasil data prediksi, data sebenarnya (datasets), dan nilai akurasi dari program. Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan pada penelitian ini, nilai K memiliki pengaruh terhadap nilai akurasi, setelah dilakukan pengujian setiap menggunakan nilai K yang berbeda maka akan menghasilkan nilai akurasi yang berbeda juga. Hasil terbaik pada model-model classifier KNN terdapat pada saat nilai K = 3 dimana memiliki hasil perhitungan sebesar 80% untuk nilai akurasi.


Keywords


Data Citra, K-Nearest Neighbor, Daun Kentang, Tanaman Kentang, Ekstraksi

References


Kana Saputra S dan Sri Wahyuni. 2018. "IDENTIFIKASI JENIS TANAMAN BERDASARKAN EKSTRAKSI FITUR MORFOLOGI DAUN MENGGUNAKAN K- NEAREST NEIGHBOR". Jurnal Teknik Dan Informatika, Vol. 5 No. 1, Januari.

I Gusti Rai Agung Sugiartha, Made Sudarma dan I Made Oka Widyantara. 2017. "Ekstraksi Fitur Warna, Tekstur dan Bentuk untuk Clustered- Based Retrieval of Images (CLUE)". Teknologi Elektro, Vol. 16, No1, Januari – April.

Syndu Pramanda Galuh Widestra, Nurul Hidayat dan Ratih Kartika Dewi. 2018. "Sistem Diagnosis Penyakit Tanaman Kentang Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor". Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 3, No. 4, Hal. 4020 – 4026, April.

Elvia Budianita, Jasril, dan Lestari Handayani. 2015. "Implementasi Pengolahan Citra dan Klasifikasi K-Nearest Neighbour Untuk Membangun Aplikasi Pembeda Daging Sapi dan Babi". Jurnal Sains, Teknologi dan Industri. Vol. 12, No. 2, pp.242 – 247. Juni.

Febri Liantoni. 2015. "Klasifikasi Daun Dengan Perbaikan Fitur Citra Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor". ULTIMATICS, Vol. VII, No. 2, December.

Ningrum, Novita Kurnia, dan Tomy Ellen Sasmita. 2018. "EKSTRAKSI WARNA BERDASARKAN RGB UNTUK MENENTUKAN TINGKAT KEMATANGAN DAUN TEMBAKAU". Prosiding SNATIF Ke-5, Hal. 373 – 378.

Sutarno, Rouzan Fiqri Abdullah, dan Rossi Passarella. 2017. "Identifikasi Tanaman Buah Berdasarkan Fitur Bentuk, Warna dan Tekstur Daun Berbasis Pengolahan Citra dan Learning Vector Quantization (LVQ)". Prosiding Annual Research Seminar: Computer Science and ICT. Vol. 3 No. 1, Hal. 65 – 70.

Rakhmawati, Puji Utami, Yuliana Melita Pranoto dan Endang Setyati. 2018. "KLASIFIKASI PENYAKIT DAUN KENTANG BERDASARKAN FITUR TEKSTUR DAN FITUR WARNA MENGGUNAKAN SUPPORT VECTOR MACHINE". Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa (SENTRA). Hal. 1 – 8.

Santi, Candra Noor. 2011. "Mengubah Citra Berwarna Menjadi Gray-Scale dan Citra biner". Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Volume 16, No.1, Hal. 14 – 19. Januari.

Yuliani,Agus, Ause Labellapansa dan Ana Yulianti. 2019. "Klasifikasi Citra Daun Kelapa Sawit Yang Terkena Dampak Hama Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor". Seminar Nasional Informatika Medis(SNIMed). Hal. 73 – 78.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.