Pengujian Indikator Cobit 5 Menggunakan Domain EDM, APO, dan DSS Pada Sistem Informasi Perpustakaan Digital (Studi Kasus: iPusnas)

Salsa Silvadari, Rasmawati Rasmawati, Santi Oktafiani, Devina Larassati, Kraugusteeliana Kraugusteeliana

Abstract


Komunikasi dan teknologi informasi di saat seperti ini sudah berkembang dengan sangat pesat yang mempengaruhi kebutuhan tiap individu karena sangat mempermudah pekerjaan dan mempersingkat waktu. Sehingga dengan perkembangan yang serba canggih ini dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya tanpa harus mendatangi ke tempatnya secara langsung. Untuk memudahkan pengguna dalam membaca buku-buku digital secara gratis dalam jangka waktu tertentu, diciptakannya aplikasi digital yang bernama iPusnas. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi aplikasi iPusnas dengan menggunakan framework COBIT 5 dalam upaya meningkatkan tata kelola teknologi informasi. Penelitian ini dilakukan untuk menguji kuesioner menggunakan indikator COBIT 5 dengan domain EDM, APO, dan DSS, ketiga domain dipilih untuk menyesuaikan kebutuhan yang mendukung sarana integrasi dan pengembangan dari Aplikasi iPusnas. Penelitian ini juga dilakukan dengan menyebarkan 10 kuesioner yang telah dijawab oleh 42 responden dengan menghasilkan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0.851 sesuai dengan persyaratan pada MSA. Hasil penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengujian indikator analisis untuk tahapan penelitian selanjutnya.


Keywords


iPusnas, COBIT 5, Uji Validitas.

References


Arens, Elder, Beasley. 2006. Auditing and Assurance Service : Unitegrated Approach. Elevent 11. Prentice Hall Ing. New Jearsey.

Fujianto Arief. 2019. Analisis Kepuasan Pengguna Akhir Aplikasi PLN Mobile Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction) Berdasarkan Prospektif Pelanggan PT.PLN (Persero) UP3 Jember. Digital Repository Universitas Jember.

ISACA. 2012. COBIT 5 Enabling Processess. United States of Amerika : ISACA.

Sa’diyah Muallimatus, Kraugusteeliana. 2020. Uji Validitas Indikator Audit Sistem Informasi Menggunakan Framework Cobit 5.0 Pada Implementasi Sistem Informasi Pendataan Keluarga Carik Jakarta Studi Kasus: Kelurahan Cipedak. Seminar Nasional Ilmu Komputer dan Aplikasi (SENAMIKA).

Sismanto. 2008. Manajemen Perpustakaan Digital. Jakarta : AfifaPustaka.

Vitrin Vrene Cindy Yeanne, Kraugusteeliana Kraugusteeliana, Anita Muliawati. 2019. Rancangan Indikator Audit Sistem Informasi Kepuasan Pelanggan Menggunakan Framework COBIT 5 Domain DSS, ME dan EDM (STUDI KASUS BPJS). Seminar Nasional Informatika, Sistem Informasi dan Keamanan Siber (SEINASI-KESI).

Weber, Ron. 1999. Information System Control and Audit. The University Of Queensland, Prentice Hall Inc. New Jearsey.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.