Pemrosesan Bahasa Alami pada Data Twitter untuk Penyajian Informasi Jalan dan Lalu Lintas

Dyah Retno Utari, Arief Wibowo, Ari Ahmad Sobari

Abstract


Peningkatan pengguna media sosial di Indonesia mendatangkan tantangan dan peluang dalam bidang pemrosesan bahasa alami. Sebagaimana diketahui, di era big data, derasnya arus informasi dari media sosial di Indonesia seharusnya dapat dimanfaatkan untuk hal yang positif. Salah satu tantangan yang hadir dalam pemrosesan bahasa alami adalah bagaimana pengolahan sumber data media sosial dapat menjadi proses yang menghasilkan suatu aplikasi pengolah bahasa alami yang bermanfaat. Beberapa komponen dalam pemrosesan bahasa alami adalah penggunaan scanner, parser, translator dan evaluator. Penelitian ini menggunakan metode Pemrosesan Bahasa Alami berbasis XML untuk menangkap pesan tentang kebutuhan informasi lalu lintas. Data yang dianalisis merupakan hasil pemrosesan bahasa alami dari media sosial Twitter. Hasil penelitian menghasilkan suatu aplikasi pemrosesan bahasa alami yang mampu menyajikan informasi kondisi lalu lintas sebagaimana hasil pengujian berdasarkan data video http://lewatmana.com. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pemrosesan bahasa alami dari data teks twitter, mampu menghasilkan kebutuhan informasi lalu lintas dengan akurasi mencapai 88,57%.


Keywords


Pemrosesan Bahasa Alami, Analisis Media Sosial, Twitter, Ekstraksi Informasi

References


Utami, E., Sri Hartati, 2010, Pendekatan metode Rule Based dalam Mengalihbahasakan Teks Bahasa Inggris ke Teks Bahasa Indonesia, Jurnal Petra, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Hartati, S., dan Zuliarso E., 2008, Aplikasi Pengolah Bahasa Alami untuk Query Basisdata XML, Dinamik, Vol. XIII, No. 2, Juli 2008, 168-175.

Suprihadi, 2019, Penggunaan Bahasa Alami dalam Peningkatan Kualitas Citra Digital, Jakarta

Andayani, S., 2002, Query Bahasa Indonesia untuk Basis Data Akademik, Tesis Magister Komputer, Program Pascasarjana Ilmu Komputer, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Hanif Al Fatta, 2017, Natural Language Processing dengan Teknik Machine Parser, Jakarta

Prasetiyantara, N, Kusrini, Nasiri, A., 2020, Membangun Basis Pengetahuan Untuk Interaksi Obat Dengan Sosial Media, Jurnal INFORMA Politeknik Indonusa, Vol. 6 Nomor 1.

Jones KS., 1994. Natural Language Processing: she need something old and something new (maybe something borrowed and something blue, too). In Proceeding of Association for Computational Linguistic. England: Cambridge

Moh. Junaedi, 2019, Pengantar XML, Ilmukomputer.com.

Fauzi, 2016, Pengolah Bahasa Alami Sebagai Query Fuzzy Tes Darah, Semnas Teknomedia, Yogyakarta.

Soyusiawaty, D., Jones, A.H.S., Pemanfaatan Bahasa Alami Dalam Penelusuran Informasi Skripsi Melalui Digital Library, Jurnal Mobile and Forensic Vol. 2 No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.