Implementasi Metode Fuzzy Tsukamoto Menggunakan Robotic Process Automation (UiPath) Data Update Sales Pada Mainframe AS 400 Pada PT Akita Mobilindo

Ahmad Rais Ruli

Abstract


UiPath adalah solusi lengkap untuk integrasi aplikasi, dan mengotomatiskan pihak ketiga aplikasi, tugas TI administratif, dan proses TI bisnis. Salah satu yang terpenting gagasan di UiPath adalah alur kerja.Alur kerja adalah representasi grafis dari proses bisnis. Ini memungkinkan Anda untuk mengotomatiskan proses berbasis aturan, dengan memberi Anda kendali penuh atas urutan eksekusi dan hubungannya antara sekumpulan langkah kustom, juga dikenal sebagai aktivitas di UiPath Studio. Setiap aktivitas terdiri dari tindakan kecil, seperti mengklik tombol, membaca file atau menulis ke panel log, Sales adalah bagian dari aktivitas penjualan produk, barang, dan layanan yang dilakukan penjual ke pembeli. Orang-orang yang melakukannya biasanya terdiri atas satu tim. Di beberapa perusahaan, sales menjadi satu divisi tersendiri yang terdiri dari beragam peran.  Logika Fuzzy adalah diantara metode untuk melakukan analisis sistem yang tidak dapat diperkirakan. Logika Fuzzy mencontoh pola pikir manusia ialah logika, dimana logika memberitahukan dan mengidentifikasi sesuatu secara otomatis. Pada penelitian ini digunakan metode inferensi sistem Fuzzy Tsukamoto dimana UiPath akan membuat otomasisasi data harian sales dari mesin As 400 dan akan dikombinasikan dengan metode Fuzzy Tsukamoto

Keywords


UiPath; Fuzzy Tsukamoto; AS 400

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Ginanjar, 2011. Penerapan Metode Tsukamoto (Logika Fuzzy) Dalam Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Jumlah Produksi BarangBerdasarkan Data Persediaan dan Jumlah Permintaan, Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

P. Gilang dan Y. Herman. 2017. Rancang Bangun Aplikasi Android POS (Point Of Sale) Kafe Untuk Kasir Portable dan Bluetooth Printer. Jurnal Sains dan Teknologi, Vol.6, No. 1, hlm : 199-208

Sitohang, Sunarsan, dan D.N. Ronal.2017. Fuzzy Logic untuk Menentukan Penjualan Rumah dengan Metode Mamdani (Studi Kasus : PT Gracia Herald).Jurnal Information System Development, Vol. 2, No.2, hlm :91-101

A.A.Alhabsyi,Said, P. Fajar, A.B. Fitra. 2019. Pengembangan Sistem Point Of Sale Berbasis Web Pada Edd's Waffle Untuk Mendukung Penjualan Restaurant. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Vol. 3, No. 5, hlm: 4242-4250

Yusron Rijal, Y. A. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Penetapan Tunjangan Prestasi dengan Menggunakan Metode Fuzzy-Tsukamoto (Studi Kasus Di PT.Boxtime Indonesia). JURNAL MATEMATIKA “MANTIK” .

Eliska Sulistiani, S. N. (2016). Penerapan FIS Metode Tsukamoto Untuk Menentukan Kelayakan Pemberian Kredit. JURNAL INFORMATIKA UNIVERSITAS PAMULANG .

Marsono, S. N. (2017). Penerapan Metode Tsukamoto dalam Pemberian Kredit Sepeda Motor Bekas pada PT TRI JAYA MOTOR (Studi Kasus PT TRI JAYA MOTOR MEDAN ). Jurnal SAINTIKOM VOL. 16, No. 1, Januari 2017 .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.