Klasifikasi Penyakit Liver dengan Menggunakan Decision Tree

Ballya Vicky Haekal, Endah Patimah, Desta Sandya Prasvita

Abstract


Penyakit liver merupakan penyakit yang berbahaya. Sehingga, penanganan pasien pada tahap awal sangatlah penting, sehingga kami melakukan klasifikasi dataset liver dengan menggunakan metode decision tree. Di mana dataset yang digunakan yaitu ILPD (Indian Liver Patient Dataset). Tahap pertama yang dilakukan adalah penghapusan data yang duplikat, lalu pembagian data, normalisasi, dan tahap terakhir yaitu pemodelan dengan menggunakan decision tree. Untuk pembagian data dengan metode holdout validation dengan nilai test size 0.2 dan k-fold cross validation dengan nilai test size 0.6, lalu dinormalisasi menggunakan min-max atau standar scaler. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini dengan metode k-fold cross validation dan min-max hasil akurasinya adalah 0.7, lalu menggunakan k-fold cross validation dan standar scaler hasil akurasinya sebesar 0.7333, jika menggunakan holdout validation dan min-max hasil akurasinya sebesar 0.5342, dan jika menggunakan holdout validation dan standar scaler hasilnya 0.6027. Sehingga dapat disimpulkan bahwa akurasi yang terbesar adalah dengan menggunakan k-fold cross validation dan standar scaler.


Keywords


liver, decision tree, klasifikasi

References


Pujiyanta, Ardi, et. all. 2012. “Sistem Pakar Penentuan Jenis Penyakit Hati dengan Metode Inferensi Fuzzy Tsukamoto (Studi Kasus di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta)” dalam Jurnal Informatika : Vol 6, No. 1. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Conreng, Dicky, et. al. 2014. “Hubungan Konsumsi Alkohol dengan Gangguan Fungsi Hati Pada Subjek Pria Dewasa Muda Di Kelurahan Tateli dan Tateli Atas Manado” dalam Jurnal e-Clinic (eCl): Vol. 2, No.2. Manado: Universitas Sam Ratulangi.

Noviandi. 2018. Modul Kuliah Data Mining. Universitas Esa Unggul.

Handayani, Popon, et. all. 2019. “Prediksi Penyakit Liver dengan Menggunakan Metode Decision tree dan Neural Network” dalam CESS (Journal of Computer Engineering System and Science): Vol. 4, No. 1. Jakarta: STMIK Nusa Mandiri Jakarta.

Setiawati, Intan, et. all. 2019. “Implementasi Decision tree untuk Mendiagnosis Penyakit Liver” dalam JOISM: JURNAL OF INFORMATION SYSTEM MANAGEMENT: Vol 1, No 1. Yogyakarta: Universitas Teknologi Yogyakarta.

Wiley, John, et. all. 2015. Data Science & Big Data Analytics. Kanada: EMC Education Service.

Nasution, Darnisa Azzahra, et, all. “Perbandingan Normalisasi Data Untuk Klasifikasi Wine Menggunakan Algoritma KNN” dalam Journal of Computer Engineering System and Science: Vol. 4, No 1. Jakarta: Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Raju, K Srujan, et. all. 2018. “Support Vector Machine with K-Fold Cross Validation Model for Software Fault Prediction” dalam International Journal of Pure and Applied Mathematics: Vol 118, No.20.

Giarno, et, all. 2019. “Suitable Proportion Sample of Holdout validation Validation for Spatial Rainfall Interpolation in Surrounding the Makassar Strait” dalam Universitas Muhamadiyah Surajrta Online Journals: Vol 32, No. 2.

UCI Machine Learning Repository. https://archive.ics.uci.edu/ml/datasets/ILPD+(Indian+Liver+Patient+Dataset), diakses pada 2 Juni 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.