Implementasi Algoritma C4.5 pada Klasifikasi Poli Berdasarkan Jenis Penyakit Pasien

Danton Ramadhan, Ali Hasyimi, Muhammad Milzam, Ika Nurlaili Isnainiyah

Abstract


Pelayanan yang terdapat pada klinik salah satunya berupa konsultasi pasien terkait keluhan yang dirasakan kepada dokter. Dalam rangka mengoptimalkan proses konsultasi, dibutuhkan digitalisasi dengan pembuatan suatu aplikasi yang dapat menentukan poli apa yang sesuai dengan penyakit pasien. Klasifikasi poli dilakukan berdasarkan gejala yang pasien rasakan dimana aplikasi ini berperan seperti dokter umum atau dokter jaga yang melakukan konsultasi dengan pasien. Data gejala yang dipilih pasien akan diproses oleh Algoritma C4.5 kemudian menghasilkan keluaran poli berdasarkan gejala pilihan pasien tersebut. Algoritma C4.5 adalah algoritma pohon keputusan atau decision tree yang dapat melakukan klasifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu aplikasi yang dapat melakukan klasifikasi terhadap gejala keluhan pasien untuk menentukan poli yang sesuai. Dengan menggunakan sampel data sebanyak 12 penyakit berat dari ALODOKTER, dihasilkan 22 rule dari decision tree dengan menggunakan algoritma C4.5 dengan akurasi 90,04% menggunakan pengujian confusion matrix dengan pembagian data sebanyak 70% training dan 30% testing.


Keywords


Klasifikasi, Algoritma C4.5, Poli.

References


Andie. 2016. Penerapan Decision Tree Untuk Menganalisis Kemungkinan Pengunduran Diri Calon Mahasiswa Baru. Banjarmasin: Technologia Vol . 7 No. 1.

Apandi, Tri Herdiawan, dkk. 2019. Menganalisis Kemungkinan Keterlambatan Pembayaran SPP dengan Algoritma C4.5 (Studi Kasus Politeknik TEDC Bandung). Jakarta: Jurnal TECHNO Nusa Mandiri Vol. 16 No. 2.

Fadli, Rizal. 2020. Bukan Cuma Batuk, Virus Corona juga Bisa Menular Saat Bicara. Diakes 1 Oktober 2020. https://www.halodoc.com/artikel/virus-corona-bisa-menular-saat-bicara.

Ihsam, Muhammad Amirul. 2019. Belajar Flutter: Apa Itu Flutter?. Diakses 10 Oktober 2020. https://kawankoding.com/artikel/apa-itu-flutter.

Marianti. 2018. Chikungunya. Diakses 18 Oktober 2020. https://www.alodokter.com/chikungunya.

Mubarok, Muhammad Ilham. 2018. Algoritma C4.5. Diakses 29 September 2020. https://muhammadilhammubarok.wordpress.com/2018/08/14/algoritma-c4-5/.

Novianti, Triuli dan Iwan Santosa. 2016. Penentuan Jadwal Kerja Berdasarkan Klasifikasi Data Karyawan Menggunakan Metode Decision Tree C4.5 (Studi Kasus Universitas Muhammadiyah Surabaya). Surabaya: Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika Vol. 5 No. 1.

Penyakit A-Z. Diakses 18 Oktober 2020. https://www.alodokter.com/penyakit-a-z.

Rahayu, Erna Sri, dkk. 2015. Penerapan Metode Average Gain, Treshold Pruning dan Cost Complexity Pruning untuk Split Atribut pada Algoritma C4.5. Surabaya: Journal Of Intelligent System Vol. 1 No. 2.

Rahma, Dewi, dkk. 2020. Klasifikasi Faktor-Faktor Penyebab Penyakit Diabetes Melitus Di Rumah Sakit UNHAS Menggunakan Algoritma C4.5. Bogor: Indonesian Journal of Statistics And Its Applications.

Rismayanti. 2018. Decision Tree Penentuan Masa Studi Mahasiswa Prodi Teknik Informatika (Studi Kasus: Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Harapan Medan). Medan: Jurnal Sistem Informasi Vol.2 No.1.

Suyanto. 2019. Data Mining Untuk Klasifikasi Dan Klasterisasi Data. Bandung: Penerbit INFORMATIKA.

Tanjung, Yudhi Pratama, dkk. Penentuan Daya Listrik Rumah Tangga Menggunakan Metode Decision Tree. Manado: Jurnal Teknik Informatika Vol.9 No.1.

Elfaladonna, Febie, dkk. 2019. Analisa Metode Classification-Decision Tree Dan Algoritma C4.5 Untuk Memprediksi Penyakit Diabetes Dengan Menggunakan Aplikasi Rapid Miner. Bali: SINTECH JOURNAL Vol.2 No.1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.