Klasifikasi Jenis Kelamin Manusia Menggunakan Foto Panoramik Gigi dengan Algoritma Learning Vector Quantization (LVQ)

Fariz Faqihuddin, Sayyid Muhammad Thalha Ibrahim, Yuni Widiastiwi

Abstract


Dalam ilmu kedokteran forensik dalam identifikasi jenazah tidak dikenal, hangus terbakar, dll yang menyebabkan korban meninggal, ataupun kasus bayi tertukar, penculikan anak menggunakan DNA sebagai acuan. Gigi adalah bagian terkeras tubuh manusia, jadi dapat digunakan tim forensik untuk mengidentifikasi korban. Oleh karena itu, penelitian ini membuat sistem menggunakan citra panoramik gigi yang dapat mengidentifikasi korban menggunakan metode GLCM dan algoritma LVQ. Pengujian dilakukan agar mengetahui tingkat akurasi dari metode dan algoritma sehingga dapat digunakan dalam membedakan jenis kelamin manusia. Dalam penelitian ini didapatkan tingkat akurasi tertinggi sebesar 78,125% pada epoch 100 dan learning rate 0,1 dan 0,2.


Keywords


Identifikasi Jenis Kelamin, Panoramik Gigi, GLCM, dan LVQ.

References


Adi, Prajanto Wahyu. 2019. “PCD – Pertemuan 2 Grey-Level Co-occurrence Matrix (GLCM)”. Diterbitkan oleh Ade Tanuwidjaja.

Eckert, W. 1997. “Forensic Odontology.In:Introduction to Forensic Sciences 2nd Edition”. CRC Press.Boca.

Indriani, dkk. 2011.“Analisis Tekstur Menggunakan Metode Run Length”. Undergraduate thesis, University Diponegoro.

Lukman, D. 2006. “Buku Ajar Ilmu Kedokteran Gigi Forensik”. Jakarta: Sagung Seto.

Mahardhika, Muhammad Rizki. 2019. “Penggunaan Machine Learning Untuk Mengidentifikasi Jenis Kelamin Manusia Melalui Citra Panoramik Gigi Dengan Klasifikasi K-Nearest Neighbor (KNN)”.

Nafi'iyah, N., & Warhani, R. 2016. “Sistem Identifikasi Jenis Kelamin Manusia Berdasarkan Foto Panoramik Gigi”, hal 120-125.

Nova, R. V., Hidayat, B., & Djustiana, N. 2018. “Identifikasi Pola Enamel Gigi Pada Individu Berdasarkan Metode Gabor Dan Klasifikasi K-Nearest Neighbor (KNN) Sebagai Aplikasi Kedokteran Gigi Forensik”.

Ramadhan. 2010. “Serba-serbi Kesehatan Gigi dan Mulut”. Jakarta: Bukune.

Sudibyo, dkk. 2018. “Optimasi Algoritma Learning Vector Quantization (LVQ) Dalam Pengklasifikasian Citra Daging Sapi Dan Daging Babi Berbasis GLCM”. Jurnal SIMETRIS. Vol. 9, No. 1: 2252 – 4983.

Widyaningsih, Maura. 2016. “Identifikasi Kematangan Buah Apel dengan Grey Level Co – Occurance Matrix (GLCM)”. Jurnal Saintekom, Vol. 6, No.1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.