Pemodelan Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis E-Learning di UPN Veteran Jakarta dengan Pendekatan Enterprise Application Integration (EAI)

Tyanandarifah Rabiula, Rudhy Ho Purabaya, Andhika Octa Indarso

Abstract


Perkembangan teknologi informasi sangat pesat dan mempengaruhi segala aspek kehidupan, termasuk bidang pendidikan yang salah satu bentuknya yaitu proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) berbasis e-learning. Dalam penggunaan e-learning pada proses pembelajaran jarak jauh perlu standarisasi dan memaksimalkan sumber daya yang ada dalam operasionalnya, sehingga membuat proses pembelajaran efisien dan optimal. Oleh karena itu, untuk pembelajaran dapat optimal salah satunya adalah dengan melakukan integrasi sistem e-learning dan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) yang berkaitan dengan data mata kuliah. Enterprise Application Integration (EAI) merupakan metode untuk mengintegrasikan beberapa aplikasi tanpa adanya perubahan terhadap aplikasi terkait, sehingga dapat tercapainya efisiensi pada kegiatan perusahaan. Pemodelan EAI pada pembelajaran jarak jauh berbasis e-learning dapat meningkatkan efisiensi proses pembelajaran di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. Dengan menerapkan model integrasi tersebut diharapkan mampu membuat optimal sistem pembelajaran jarak jauh berbasis e-learning.

Keywords


Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), e-learning, Enterprise Application Integration (EAI).

References


Z. Abidin, A. Hudaya, and D. Anjani, “Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi COVID-19,” no. October, pp. 131–146, 2020.

Y. Yuliana, “Analisis Keefektivitasan Pemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Corona ( Covid-19 ),” vol. 7, no. 10, pp. 875–894, 2020, doi: 10.15408/sjsbs.v7i10.17371.

A. Andhara, F. Akbar, and A. Firmansyah, Panduan Membangun E-Learning Platform. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2020.

I. P. A. E. Pratama, Integrasi dan Migrasi Sistem: Teori dan Praktik. Bandung: Informatika, 2016.

B. Athamena and Z. Houhamdi, “Identity Management System Model in the Internet of Things,” vol. 9, no. 4, pp. 1338–1347, 2020, doi: 10.18421/TEM94.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.