Perancangan Aplikasi Penyewaan Mobil Berbasis Android Pada CV Gap Transport

aji condro saputro, Mohamad Bayu Wibisono

Abstract


Pada saat ini, teknologi mobile device sudah menjadi kebutuhan utama manusia. Mobile device memudahkan manusia melakukan semua pekerjaan dalam bidang apapun dengan aplikasi mobile, tidak terkecuali pada bidang transportasi dan informasi khususnya pada bisnis penyewaan mobil. CV GAP Transport merupakan salah satu perusahaan yang menjalankan bisnis penyewaan mobil, namun dalam menjalankan prosesnya masih menggunakan cara manual dengan datang langsung ke kantor untuk menyewa mobil dan dalam hal pencatatan masih menggunakan buku. Hal ini sangat tidak efektif dan sangat tidak menguntungkan disaat kondisi pandemi saat ini, oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi penyewaan mobil berbasis android sehingga pelanggan dapat melihat seluruh informasi mobil dalam aplikasi tanpa harus datang ke kantor dan pengelola akan lebih mudah melakukan pendataan seperti data mobil, data sopir, data pelanggan dan data penyewaan mobil. Aplikasi akan dibuat menggunakan software Android studio dan menggunakan database MySQL dengan metode pengembangan prototype selain itu aplikasi akan menjalankan proses sistem secara online.

Keywords


Android, Penyewaan Mobil, Android Studio, MySQL

Full Text:

PDF

References


Mulyani, S. (2017). Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit: Analisis dan Perancangan. Abdi Sistematika.

Nuddin, M. T., & Fithri, D. L. (2015). Sistem Absensi Asisten Dosen Menggunakan QR Code Scanner Berbasis Android Pada Program Studi Sistem Informasi Universitas Muria Kudus. Prosiding SNATIF, 303-310.

Pressman, R. S., & Maxim, B. R. (2015). Process models. In Software Engineering A Practitioner’s Approach (pp. 45-47). McGraw-Hill Education.

Septavia, I., Gunadhi, E., & Kurniawati, R. (2015). Sistem Informasi Penyewaan Mobil Berbasis Web di Jasa Karunia Tour and Travel. Jurnal Algoritma, 12(2), 534-540.

Supardi, J., Slide, M. S., & Sukamto, R. A. (2017). Black-Box Testing.

Suyono, A. A., Indianiati, U. N., Rizki, E. M., Hamidah, S., & Jannah, E. N. (2016). Analisis Aplikasi Integrated Postal Operations System (IPOS) Pada PT. Pos Indonesia (Persero) KPRK Jombang Menggunakan Metode PIECES. Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 2(1), 22-33.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.