Penerapan Metode Forward Chaining pada Sistem Pakar Obat Herbal Konsultasi Penyakit Lambung Berbasis Web

Abrar Hidayat, Yuni Widiastiwi, Ria Astriratma

Abstract


Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam jenis tumbuhan yang dapat diolah menjadi obat herbal. Namun sebagian besar masyarakat belum mengetahui manfaat dan khasiat dari obat herbal yang dibuat dari bahan alami seperti tumbuhan tertentu untuk mengobati berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk membuat sistem pakar yang dapat mempermudah masyarakat untuk mengatasi penyakit pada sistem pencernaan lambung dengan menggunakan obat herbal. Sistem ini menggunakan metode Forward Chaining untuk penelusuran penyakit tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memanfaatkan obat herbal untuk mengatasi penyakit sistem pencernaan lambung. Sistem juga diharapkan mampu mempermudah serta mengefisiensi waktu seseorang dalam mendeteksi awal penyakit lambung serta mengatasinya dengan berbagai jenis obat herbal.


Keywords


Herbal, Lambung, Forward Chaining

References


N. Fitriyah, M. K. Purwa, M. A. Alfiyanto, N. Wahuningsih, and J. Kismanto, “Obat herbal antibakteri ala tanaman binahong,” J. KesMaDaSka, pp. 116–122, 2013.

B. F. Yanto, I. Werdiningsih, and E. Purwanti, “Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Anak Bawah Lima Tahun Menggunakan Metode Forward Chaining,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 1, pp. 817–824, 2018.

A. A. N. Mutsaqof, Wiharto, and E. Suryani, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosis Penyakit Infeksi Menggunakan Forward Chaining,” J. Teknol. Inf. ITSmart, vol. 4, no. 1, p. 43, 2016, doi: 10.20961/its.v4i1.1758.

R. Buaton, 15 Metode Menyelesaikan Data Mining, Sistem Pakar dan Sistem Pendukung Keputusan. .

M. A. Hidayat, “Obat Herbal (Herbal Medicine) : Apa Yang Perlu Disampaikan Pada Mahasiswa Farmasi Dan Mahasiswa Kedokteran?,” Pengemb. Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 141–147, 2006.

F. Chedry and A. Widjaja, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN OBAT HERBAL PADA MITRA HERBAL PARUNG PANJANG,” Idealis, vol. 2, pp. 183–187, 2019.

Adrian, K. 2018. Macam-macam Penyakit pada Lambung. diakses 19 Oktober 2019.

https://www.alodokter.com/3-penyakit-yang-mengganggu-fungsi-lambung

Kusrini. 2010. Sistem Pakar “Teori dan Aplikasinya”. Yogyakarta:Andi.

Widodo, Prabowo.P, dkk, 2011, Pemodelan Sistem Berorientasi Obyek Dengan UML. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Hartono, Jogiyanto. 2005. Analisis dan desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.