Perancangan Sistem Informasi Kantor Desa Berbasis Website Sebagai Media Pelayanan dan Pengolahan Sistem Kepegawaian (Studi Kasus : Desa Sukamanah Kecamatan Baros Kabupaten Serang)

Nabila Putrikinanty, Anita Muliawati, Rio Wirawan

Abstract


Pada saat ini kondisi Kantor Desa Sukamanah dalam pelayanan informasi dan pelayanan pengajuan surat yang dilakukan oleh masyarakat, sistem pengolahan data kepegawaian, serta pengolahan data-data yang berhubungan dengan informasi dan pengajuan surat masih sama-sama dilakukan secara manual. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat suatu perancangan sistem informasi pada Kantor Desa dengan berbasis sebuah website yang berisikan informasi terkait Kantor Desa, pelayanan pengajuan surat yang dapat dilakukan oleh masyarakat secara online, dan sistem kepegawaian yang dapat berfungsi sebagai pengolahan data kepegawaian dan pengolahan data-data yang berhubungan dengan informasi serta pengajuan surat yang diajukan oleh masyarakat. Metode penelitian menggunakan Waterfall yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Requirement, Design, Implementation, Testing, dan operation dan pengujian dengan menggunakan Black Box Testing. Sistem Informasi Kantor Desa berbasis website ini, diharapkan dapat mengefektifkan kegiatan pegawai desa dalam menjalankan proses pada sistem kepegawaian dan pelayanan yang berhubungan dengan masyarakat. Di samping itu, dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi terkait kantor Desa Sukamanah dan pengajuan surat yang hanya perlu dilakukan dari rumah tanpa harus datang langsung ke kantor Desa Sukamanah.


Keywords


Sistem informasi kantor desa; kepegawaian; pelayanan; pengolahan; perancangan; waterfall

References


Laudon, K. C., & J.P, L. (2012). Management Information System. New Jersey: Prentice Hall.

Sutarman. (2012). Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mardiasmo. (2011). Perpajakan Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.

Setiadi, E. M., & U, K. (2013). Pengantar Sosiologi Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial: Teori, Aplikasi dan Pemecahannya. Jakarta: Prenadamedia.

Bekti, H. B. (2015). Mahir Membuat Website dengan Adobe Dreamweaver CS6, CSS dan JQuery. Yogyakarta: Andi.

Sommerville. (2011). Software Engineering Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.