Rancang Bangun Sistem Pembelajaran E-Learning Berbasis Website pada SMA Negeri 8 Kota Tangerang Selatan

Dania Silvani, Ati Zaidiah, Theresia Wati

Abstract


SMA Negeri 8 Kota Tangerang Selatan merupakan salah satu instansi pendidikan menengah atas yang berada di Kota Tangerang Selatan. Dalam proses kegiatan belajar mengajar SMA Negeri 8 Kota Tangerang Selatan belum memiliki suatu media bagi siswa untuk memperoleh informasi mengenai proses belajar mengajar seperti download file materi, upload file tugas, forum diskusi, dan hal lainnya yang berkaitan dengan proses belajar mengajar secara daring melalui aplikasi e-learning berbasis website. Hal ini menimbulkan masalah yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memperoleh ilmu pengetahuan dan guru dalam memberikan materi pembelajaran, jika proses belajar mengajar tidak dapat dilakukan secara langsung atau tatap muka, khususnya pada saat ini dikarenakan adanya pandemi COVID-19 yang berdampak pembelajaran harus dilakukan secara jarak jauh, maka diperlukannya sistem pembelajaran e-learning berbasis website. Pembuatan sistem ini menggunakan bahasa pemograman PHP dan database MySQL. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode prototyping yang memiliki tahapan, yaitu mengidentifikasi kebutuhan pengguna sistem, mengembangkan prototype, evaluasi prototype, mengodekan sistem, menguji sistem, evaluasi sistem, dan meng-implementasikan sistem. Hasil dari penelitian ini adalah sistem pembelajaran e-learning berbasis website dengan fitur utama untuk administrator kelola pengguna, kelola kelas, kelola mata pelajaran, dan kelola relasi. Untuk guru kelola materi termasuk melihat daftar siswa yang belum akses materi tersebut, kelola tugas termasuk slot pengumpulan dan nilai, kelola kuis pilihan ganda dengan soal acak pada setiap siswa, dan join live chat. Untuk siswa akses materi, akses tugas, melihat nilai, akses kuis, join live chat, serta notifikasi melalui email. Dengan harapan dapat membantu pihak sekolah baik guru maupun siswa dalam proses belajar mengajar.


Keywords


Pembelajaran Jarak Jauh; E-Learning; Website; Prototyping

References


Michael, “Michael Allen’s Guide to E-learning,” John Wiley & Sons, 2013.

A. Schultz, T. & Correia, “Organizational support in online learning environments: Examination of support factors in corporate online learning implementation,” International Journal on E-Learning, vol. 14(1), pp. 83--95, 2015.

S. Brown, “From VLEs to learning webs: The implications of Web 2.0 for learning and teaching.,” Interactive Learning Environments, vol. 18(1), pp. 1--10, 2010.

W. Ragil, Pedoman Sosialisai Prosedur Operasi Standar. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2010.

A. Wibowo and A. Azimah, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi Menggunakan Metode Throwaway Prototyping Development,” Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, pp. 103–108, 2016.

N. Adi, Rekayasa Perangkat lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2010.

M. Ariani, Rosa. & Shalahuddin, “Rekayasa Perangkat Lunak,” Informatika, 2014.

M. R., Sukamto & Shalahuddin, “Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek,” Modula, 2011.

R. Pressmann, “Software Engineering A Practitioner’s approach,” McGraw-Hill, 2010.

M. Linda, Sistem Basis Data. Yogyakarta: Andi Publisher, 2004.

B. Sunarfrihanto, PHP dan MySQL untuk Website. Yogyakarta: Andi Publisher, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.