Analisis Dan Perancangan Basis Data Sistem Informasi Pengarsipan Dokumen Pada PT Jala Fabrikasi Kencana

Shinta Assalia, Erly Krisnanik, Nur Hafifah Matondang

Abstract


Arsip adalah dokumen tertulis, lisan, maupun bergambar dari masa lampau yang biasanya dikeluarkan oleh instansi resmi lalu disimpan dalam media tulis dan elektronik. Pengelolaan arsip yang dilakukan di PT Jala Fabrikasi Kencana (PT JFK) masih dilakukan secara manual. Pengelolaan ini mengakibatkan kurang efisien dan efektif untuk para pegawai dan dapat menyebabkan kekeliruan karena diketahui banyaknya dokumen yang dikelola. Untuk itu sangat diperlukannya sistem informasi pengelolaan arsip yang dapat mempermudah para pegawai dalam melakukan pengelolaan arsip dan tidak memakan waktu yang banyak. Sistem informasi pengarsipan dokumen pada PT Jala Fabrikasi Kencana ini akan dirancang menggunakan MySql basis data berorientasi objek dan dengan metode Database Life Cycle (DBLC). Hasil dari penelitian ini berupa rancangan basis data dan terdapat user interface untuk sistem informasi pengarsipan yang dibuat.


Keywords


Sistem Informasi, Arsip, Database Life Cycle, PT Jala Fabrikasi Kencana

References


Yunaeti Angraeni, E. &, & Irviani, R. (2017). Pengantar Sistem Informasi (E. Risanto (ed.)). ANDI.

Ayu, F., & Permatasari, N. (2018). Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Praktek Kerja Lapangan (Pkl) Pada Devisi Humas Pt. Pegadaian. Intra-Tech, 2(2), 12–26

Umar, R., Hadi, A., Widiandana, P., Anwar, F., Jundullah, M., & Ikrom, A. (2019). Perancangan Database Point of Sales Apotek Dengan Menerapkan Model Data Relasional. Query: Journal of Information Systems, 3(2), 33–41.

Gat. (2015). Perancangan Basis Data Perputakaan Sekolah dengan Menerapkan Model Data Relasional. Citec, 2(4), 304–315.

Sukmaindrayana, A., & Sidik, R. (2017). Aplikasi Grosir Pada Toko Rsidik Bungursari Tasikmalaya. JUMIKA, 4(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.