Aplikasi Layanan Perbaikan dan Perawatan Mobil pada Bengkel Ricardo Matic

Rerinthia Ricardo, Titin Pramiyati, Rio Wirawan

Abstract


Bengkel merupakan sebuah usaha yang menyediakan jasa pelayanan purna jual pada bidang otomotif. Banyak bengkel yang ada saat ini telah menggunakan kemajuan teknologi dalam bisnisnya seperti menyediakan layanan yang berbasis online seperti pemesanan melalui web untuk perbaikan kendaraan dan lain sebagainya. Namun hingga saat ini proses tersebut dan juga pendataan pada bengkel Ricardo Matic masih dilakukan secara manual. Dengan adanya keinginan untuk memajukan bengkel Ricardo Matic maka diperlukan penelitian ini untuk membangun aplikasi layanan perbaikan dan perawatan mobil pada bengkel Ricardo Matic yang berbasis web yang dirancang dengan metode waterfall juga menggunakan bahasa pemrograman PHP dan HTML, serta menggunakan MySQL untuk pendataannya. Dengan adanya aplikasi ini, bengkel Ricardo Matic dapat melakukan manajemen layanan untuk perbaikan dan perawatan mobil lebih baik lagi serta menguntungkan kedua pihak yaitu pihak bengkel dan juga pelanggannya. Karena dengan menggunakan aplikasi ini nantinya pelanggan dapat melakukan reservasi untuk melakukan layanan dari bengkel Ricardo Matic tanpa harus mendatangi bengkel terlebih dahulu serta dapat mengetahui informasi yang berkaitan dengan pelayanan kendaraannya melalui aplikasi ini. Berdasarkan hasil pengujian terhadap aplikasi layanan ini, keseluruhan fungsi dari aplikasi telah berjalan dengan baik.


Keywords


Aplikasi, Bengkel, Kendaraan, Layanan, Perawatan, Perbaikan

References


Mulyani, S., 2016. Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit: Analisis dan Perancangan. Bandung: Abdi Sistematika.

Sutarman, 2013. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: PT Bumi Aksara.

Gaol, C. J. L., 2008. Sistem Informasi Manajemen Pemahaman dan Aplikasi. Jakarta: Grasindo.

Ragil, W., 2010. Pedoman Sosialisasi Prosedur Operasi Standar. Jakarta: Mitra Wacana Media.

H.M., J., 2005. Analisa dan Desain Sistem Informasi; Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Rosa, A. & Shalahuddin, M., 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Rosa, A. & Shalahuddin, M., 2015. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.