Sistem Informasi Customer Relationship Management pada Budidaya Jamur Tiram di Tangerang Selatan Berbasis Web

Hanifa Ainun Mardiyah, Erly Krisnanik, Helena Nurramdhani Irmanda

Abstract


Budidaya jamur merupakan kegiatan yang dilakukan untuk melakukan proses penanaman jamur dari bibit hingga tumbuh menghasilkan jamur yang berkualitas yang kemudian dijual untuk memperoleh keuntungan. Dalam penjualan jamur masih banyak masyarakat yang belum mengetahui informasi mengenai jenis jamur, kualitas jamur yang dihasilkan, dan proses penjualannya. Sehingga minat pembeli jamur masih belum cukup tersebar luas khususnya masyarakat di Tangerang Selatan. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan sebuah sistem informasi Customer Relationship Management untuk menarik minat pelanggan dalam membeli jamur dari hasil budidaya dengan kualitas dan hasil yang baik. Sistem informasi Customer Relationship Management ini dibuat berbasis web karena dapat diakses oleh pengguna di mana saja dengan mudah seperti di smartphone, komputer, maupun laptop. Sistem informasi Customer Relationship Management memiliki keunggulan yang dapat menarik minat pelanggan terhadap suatu produk dengan tampilan mengenai informasi produk yang dihasilkan dan alur proses pembelian. Dengan informasi yang ada dalam sistem tersebut sangat membantu pelanggan dalam mengetahui jamur yang akan dibeli dan bagaimana proses pembeliannya. Metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu metode waterfall. Metode waterfall terdiri dari beberapa tahapan, yaitu requirement analysis, design, implementation, testing, dan maintenance. Hasil dari penelitian yang dilakukan ini dalam bentuk sistem informasi Customer Relationship Management budidaya jamur berbasis web yang dapat digunakan dan dikelola dengan baik oleh pemilik budidaya jamur.


Keywords


Customer Relationship Management, budidaya jamur, web

References


Anggraeni, Elisabet Yunaeti dan Rita Irviani. (2017). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Program Studi Akuntansi Universitas Ma Chung. (2019). Sistem Informasi Manajemen. Malang: Seribu Bintang.

Rukun, Kasman dan B. Herawan Hayadi. (2018). Sistem Informasi Berbasis Expert System. Yogyakarta: Deepublish.

Yurindra. (2017). Software Engineering. Yogyakarta: Deepublish.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.