Aplikasi Pembelajaran Berbasis Web Pada TK Mangga di Baros
Abstract
TK Mangga memiliki kegiatan belajar mengajar yang masih menggunakan kertas 2 (dua) dimensi dan papan tulis. Jumlah siswa yang banyak dan jumlah guru yang sedikit berpengaruh pada berkurangnya konsentrasi anak dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga diperlukan aplikasi pembelajaran berbasis web yang mendukung kegiatan belajar mengajar antara siswa dan guru yang menarik serta interaktif. Model waterfall yang berbasis objek UML digunakan sebagai alat bantu. Pembuatan sistem informasi menggunakan PHP sebagai bahasa pemograman web, Adobe Flash sebagai pengelola animasi dan audio, MySQL sebagai database server serta pengujian aplikasi pembelajaran berbasis beb menggunakan black box testing. Hasil penelitian adalah sebuah aplikasi pembelajaran berbasis web yang menghasilkan output berupa laporan data guru dan laporan data siswa berupa PDF serta hasil nilai latihan dari tiap materi yang telah dikerjakan siswa yang tidak terhubung dengan database, serta guru dan orang tua siswa dapat berinteraksi menggunakan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Web Pada TK Mangga di Baros.
Keywords
Aplikasi berbasis web; UML; waterfall
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Jogiyanto. (2012). Pengertian Aplikaso. Yogyakarta: Andi.
Komalasari, K. (2013). Pembelajaran Kontekstul : Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Adiatama.
Abdulloh, R. (2018). 7 in 1 Pemrograman Web untuk Pemula. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Hikmah, A. B. (2015). Cara Cepat Membangun Website Dari Nol, 1 ed. Yogyakarta: Andi.
Sibero, A. F. (2013). Web Programming Power Pack. Yogyakarta : MediaKom.
Mulyani, S. (2016). Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Abdi Sistematika.
Wibowo, & Eko, H. (2015). Flashbook : Tips dan Trik + 21 Project Flash. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Senamika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.