Bimbingan Teknis Penggunaan Learning Management System (LMS) sebagai Penunjang Pembelajaran Siswa selama Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah M.I. Jami'atul Khair

Desta Sandya Prasvita, Yulnelly Yulnelly, Mayanda Mega Santoni, Muhammad Adrezo

Sari


Pasca pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia, pemerintah provinsi dan pemerintah daerah mengeluarkan kebijakan dalam dunia pendidikan yaitu menggantikan sementara pembelajaran tatap muka dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) mulai dari tingkat pendidikan dasar sampai tingkat pendidikan tinggi. Di sekolah tingkat pendidikan dasar khususnya di Madrasah Ibtidaiyah (MI) banyak sekali kendala yang dialami selama dimulaianya PJJ masa pandemi Covid-19 ini. Salah satu sekolah pendidikan dasar yang terdampak adalah M.I. Jami’atul Khair, merupakan Sekolah Dasar Swasta di Kecamatan Ciledug Kota Tangerang. M.I. Jami’atul Khair memiliki jumlah guru sebanyak 30 orang, dan tidak lebih dari 50% yang sudah cukup baik dalam pemanfaatan teknologi internet untuk pembelajaran jarak jauh. Kebanyakan guru hanya menggunakan media komunikasi chat untuk pembelajaran jarak jauh. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan bimbingan teknis (bimtek) untuk guru-guru di M.I. Jami’atul Khair dalam penggunaan Learning Management System (LMS). Guru-guru diperkenalkan apa itu LMS, membuat kelas pada LMS, manajemen kelas pada LMS, mengunggah materi, membuat berbagai macam jenis soal (essay, pilihan ganda, dan unggah file tugas), sampai melakukan penilaian pada LMS. Metode pelaksanaan bimbingan teknis dilakukan dengan ceramah dan tanya jawab, serta simulasi atau praktik langsung selama 2 hari, dimana hari pertama berupa pembelajaran tatap muka dan hari ke-2 yaitu pembelajaran daring. Dalam pelaksanaannya, bimbingan teknis berlangsung dengan lancar dan para peserta merasa puas terhadap kegiatan ini dengan tingkat kepuasan yaitu 17.86% peserta merasa puas dan 82.14% peserta merasa sangat puas.


Kata Kunci


Pengabdian kepada Masyarakat, Bimbingan Teknis, Pandemi, Covid-19, Learning Management System, M.I. Jami’atul Khair

Referensi


Y. Pujilestari, “Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19,” Adalah, vol. 4, no. 1, pp. 49–56, 2020, [Online]. Available: http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/adalah/article/view/15394/7199.

Miskiah, “Model Pendidikan Karakter Pada Madrasah Ibtidaiyah,” J. Pemb. Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi., vol. 6, no. 1, pp. 59–69, 2018.

R. H. Syah Aji, “Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran,” SALAM J. Sos. dan Budaya Syar-i, vol. 7, no. 5, 2020.

V. D. Wicaksono and P. Rachmadyanti, “Pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom di Sekolah Dasar,” Semin. Nas. Pendidik. PGSD UMS HDPGSDI Wil. Timur, pp. 513–521, 2016, [Online]. Available: http://hdl.handle.net/11617/9144.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##