Pelatihan Otomasi Perkantoran Menggunakan Microsoft Office

Anita Muliawati, Intan Hesti Indriana, Kraugusteela Gusty, Rido Zulfahmi

Sari


Sekolah Masjid Terminal (MASTER) merupakan sekolah yang dikelola oleh Yayasan Bina Insan Mandiri yang menerima siswa dari kalangan yang tidak mampu di lingkungan Masjid Terminal termasuk anak jalanan dan kaum dhuafa. Guru-guru merupakan relawan dari berbagai bidang ilmu sosial yang melaksanakan pengajaran disesuaikan dengan ketersediaan waktu masing-masing. Hal ini mengakibatkan terbatasnya akses dengan guru dan sumberdaya sekolah lainnya. karena keterbatasan dan potensial siswa yang belajar membutuhkan perhatian khusus terutama dalam upaya mendorong kualitas lulusan dalam menghadapi kondisi pembelajar yang sangat rentan putus sekolah. Untuk itu perlu dilakukan pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan kepada siswa tentang keterampilan otomatisasi perkantoran sebagai tambahan bekal pendukung teknologi di era globalisasi.

Tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah membantu pihak Yayasan membekali peserta didik dengan pengetahuan otomasi perkantoran agar ketika mereka menyelesaikan sekolah dapat menjadi tenaga kerja yang minimal mampu mengoperasikan pekerjaan sederhana dengan menggunakan komputer atau bahkan jika mereka melanjutkan ke jejang Pendidikan yang lebih tinggi.

Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah melalui pelatihan mengenai keterampilan otomasi perkantoran. Pendekatan yang digunakan adalah menggunakan metode pembelajaran tutorial dan praktek. Hasil pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini, dapat meningkatkan kompetensi dan keterampilan siswa sehingga mandiri.


Kata Kunci


Sekolah Masjid Terminal, otomasi dengan office, keterampilan komputer

Referensi


] Hartoko, Alfa, 2010, Kupas Tuntas Microsoft Office 2010, Elex Media Komputindo, Jakarta

] Hasyim, 2008, Buku Pintar Microsoft Office (Niaga), Kriya Pustaka, Depok

] Madcoms, Microsoft Excel 2013, Penerbit Andi, Yogyakarta

] Mappalotteng, A. M., 2011, Paradigma Pendidikan Berwawasan Global dan Tantangannya, Jurnal MEDTEK, Volume 3, Nomor 2.

] Purnomo, Catur Hadi, 120 Tip & Trik Menguasai Ms. Word 2007, mediakita, Jakarta

] Tim Kompulab, 2010, Buku Pintar Microsoft Office 2010, Citra Media, Yogyakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##