Bimbingan Teknis Pembuatan Video Animasi Sebagai Penunjang Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 di M.I. Jami'atul Khair Ciledug - Kota Tangerang

Desta Sandya Prasvita, Mayanda Mega Santoni, Yulnelly Yulnelly

Sari


Pandemi covid 19 masih menjadi tantangan pada pendidikan di Indonesia, khususnya di tinggat pendidikan dasar. Pada sekolah tingkat pendidikan dasar banyak sekali kendala yang dialami selama dimulainya pelaksanaan pembelajaran jarak jauh sampai dengan pembelajaran tatap muka terbatas. Salah satu sekolah dasar di Ciledug-Kota Tangerang, M.I. Jami’atul Khair merasakan kesulitan dalam melaksanakan proses pembelajaran di masa pandemi covid 19. Saat ini M.I. Jami’atul Khair sudah menerapkan pembelajaran tatap muka terbatas, yaitu siswa belajar secara tatap muka hanya 2 jam dalam sehari dan seminggu hanya 2 kali pertemuan tatap muka. Karena berkurangnya waktu belajar secara tatap muka, maka proses pembelajaran perlu didukung dengan media pembelajan yang menarik yang disukai siswa untuk digunakan saat belajar mandiri di rumah. Media pembelajan yang paling tepat adalah media pembelajaran yang dapat mendukung semua gaya belajar siswa yaitu gaya belajar audio, visual, dan kinestetik. Dari permasalahan tersebut, maka dilakukan bimbingan teknis pembuatan video animasi pembelajaran menggunakan online tools powtoon kepada guru-guru di M.I. Jami’atul Khair. Kegiatan ini sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen-dosen Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Guru-guru diperkenalkan apa itu media pembelajaran, video animasi pembelajaran, pengembangan video animasi pembelajaran mulai dari tahapan pra-produksi sampai produksi. Di tahapan pra-produksi, guru-guru diajarkan membuat storyboard dan pada tahapan produksi guru-guru diajarkan membuat video animasi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi online powtoon. Metode pelaksanaan bimbingan teknis terdiri dari 2 tahap yaitu tahapan klasikal atau tatap muka selama 1 hari dan tahapan non-klasikal secara daring/online untuk pendampingan dalam menyelesaikan projek pembuatan video animasi pembelajaran. Hasil evaluasi kegaiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu 2.56% merasa cukup puas, 12.18% peserta merasa puas dan 85.26% peserta merasa sangat puas. Dalam pelaksanaannya, bimbingan teknis juga berlangsung dengan lancar dan hanya ada sedikit kendala yang dapat segera ditangani.


Kata Kunci


Pandemi Covid-19, Bimbingan Teknis, Pembelajaran Jarak Jauh, Video Animasi, M.I. Jami’atul Khair

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Y. Pujilestari, “Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19,” Adalah, vol. 4, no. 1, pp. 49–56, 2020, [Online]. Available: http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/adalah/article/view/15394/7199.

M. Kesehatan, D. A. N. Menteri, D. Negeri, M. Kesehatan, D. A. N. Menteri, and D. Negeri, “KEPUTUSAN BERSAMA MENTERi PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN, MENTERI AGAMA, MENTERI KESEHATAN, DAN MENTERI DALAM NEGERI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 03/ KB/2021 NOMOR 384 TAHUN 2021 NOMOR HK.01.08/ MENKES/ 4242/ 2021 NOMOR 440-717 TAHUN 2021,” 2021.

A. Fathoni, A. Rosyadi, I. Gunawan, M. T. Hidayat, and A. Puspasari, “Pelatihan Media Presentasi Powtoon dan Sparcol Untuk Guru SD Negeri 9 Purwodadi , Grobogan,” pp. 74–81, 2019.

R. Rejeki, M. F. Adnan, and P. S. Siregar, “Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 4, no. 2, pp. 337–343, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i2.351.

M. A. Mayanda Mega Santoni, Desta Sandya Prasvita, Yulnelly Yulnelly, “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Sebagai Penunjang Pembelajaran Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah M.I. Jami’atul Khair,” Semin. Nas. Pengabdi. Kpd. Masy. Bid. Ilmu Komput., vol. 2, no. 1, 2020, [Online]. Available: https://conference.upnvj.ac.id/index.php/senabdikom/article/view/728.

M. A. Desta Sandya Prasvita, Yulnelly, Mayanda Mega Santoni, “Bimbingan Teknis Penggunaan Learning Management System (LMS) sebagai Penunjang Pembelajaran Siswa selama Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah M.I. Jami’atul Khair,” Semin. Nas. Pengabdi. Kpd. Masy. Bid. Ilmu Komput., vol. 2, no. 1, 2020, [Online]. Available: https://conference.upnvj.ac.id/index.php/senabdikom/article/view/816.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##