Sosialisasi dan Pelatihan E-Marketing Produk UMKM

Erna Susanti, Anggi Hadi Wijaya

Sari


Abstrak

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dilaksanakan pada Kelompok Usaha Batu Aliyaa Saiyo di Nagari Duo Koto, Kec. Tanjung Raya, Kab. Agam, Sumatera Barat. Kelompok Usaha Batua Aliyaa Saiyo merupakan kelompok usaha yang bergerak dalam produksi makanan olahan dari rinuak (ikan kecil) yang merupakan ikan endemik dari Danau Maninjau. Dalam kegiaatan promosi dan penjualan, kelompok usaha ini belum memaksimalkan pemfaat teknologi. Media sosial yang digunakan masih merupakan media sosial atas nama pribadi dan belum mempunyai profile bisnis secara online. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah melakukan sosialisasi dan pelatihan e-marketing produk UMKM. Kegiatan ini menggunakan metode ceramah dan metode praktek langsung untuk e-marketing. Dengan kegiatan sosialisasi dan pelatihan diharapkan kelompok usaha Batu Aliyaa Saiyo dapat optimal dalam menggunakan media sosial dan memiliki profile bisnis secara online, sehingga kegiatan promosi dan pemasaran dapat lebih luas, baik nasional maupun internasional.


Kata Kunci


e-marketing, sosialisasi, pelatihan, promosi, penjualan, UMKM.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


APJII (Asosiasi Penyelengara Jasa Internet Indonesia), https://apjii.or.id/survei2019x “ Penetrasi dan Pengguna Internet di Indonesia” diakses 20 September 2021.

Erna dkk, 2020, Pengaruh Digital Komunikasi Terhadap Perempuan Berwirausaha (UMKM) di Kota Padang, Jurnal Rekomen Vol. 3 No. 2

Kotler and Amstrong, 2008, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Redcomm Indonesia, Manfaat Google Bisnis Untuk Promosi Usaha, redcomm.co.id, diakses 20 September 2021.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##