Coding for Kids Menggunakan Scratch Sebagai Upaya Kesiapan Menghadapi Industri 4.0 bagi Siswa M.I. Jami'atul Khair

Mayanda Mega Santoni, Desta Sandya Prasvita, Muhammad Adrezo

Sari


Di era indusrtri 4.0 saat ini, setiap anak dituntut untuk bisa melek teknologi. Namun yang sering ditemukan, anak-anak lebih familiar hanya sebagai konsumen teknologi. Ketertarikan anak terhadap teknologi ini tidak selalu berdampak buruk. Banyak hal positif yang bisa kita manfaatkan dengan kemajuan teknologi ini. Salah satunya dengan mengajarkan anak bahasa pemrograman atau coding. Belajar coding sejak dini membuat anak dapat berpikir kreatif dan mengasah soft skills. Oleh karena itu, tim dosen Program Studi Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta memiliki perhatian pada pendidikan berbasis coding bagi para siswa melalui program pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian ini dilaksanakan di sekolah M.I. Jami’atul Khair yang berlokasi di Ciledug, Tangerang. Pelatihan coding untuk siswa M.I. Jami’atul Khair menggunakan aplikasi Scratch yang diikuti oleh 15 siswa yang merupakan siswa kelas 3 sampai dengan kelas 6. Pelatihan dilakukan dalam dua sesi. Sesi pertama menjelasan terkait coding, aplikasi scratch, melakukan instalasi scratch, mengenali lingkungan Scratch dan membuat projek sederhana menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh Scratch. Sesi kedua dilakukan pendampingan membuat animasi sederhana menggunakan Scratch. Hasil dari pelatihan ini, siswa menjadi lebih tertarik dan ingin belajar lagi mengenai coding. Harapannya materi coding ini juga dapat dimasukkan ke dalam kurikulum di sekolah.

Kata Kunci


coding, scratch, siswa, teknologi

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Deuis, A., Ramadhan, F., & Widodo, T. (2020). Pelatihan Programming Junior Pembuatan Game Menggunakan Scratch untuk Sekolah Dasar ( SD ) Sebagai Upaya Kesiapan Menghadapi Industri Kreatif. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(2), 111–120.

Firmansyah, B., Nur, A. P., Angellia, F., & Cahya, W. (2020). Pengenalan Coding Bagi Usia Sekolah Menggunakan Aplikasi SHINIBIK ( Shinhan University dan IBI Kosgoro 1957 ) Bagi Murid Sekolah Dasar Negeri 11 Lenteng Agung Jakarta Selatan. Jurnal Pengabdian Teratai, 1(1), 35–51.

Lutfina, E., & Wardhani, A. K. (2020). Pengenalan Dan Pelatihan Pemrograman Berbasis Blok Bagi Anak. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 107–111. https://doi.org/10.24246/jms.v1i12020p107-111

Novianto, S., Kardianawati, A., Rosyidah, U., & Haryanto, H. (2020). Pelatihan Berpikir Praktis Melalui Permainan Komputer untuk Siswa SD ISBA 2 Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1. https://doi.org/10.33633/ja.v3i2.82

Safitri, R., Jamal, A., Ripmiatin, E., Hermawan, D., & Supriyanto, A. (2019). Pengenalan Dan Pelatihan Pemrograman Dasar Blockly. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 01(01).

Zubaidi, A., Hidayat Jatmika, A., Wedashwara, W., & Zafrullah Mardiansyah, A. (2021). PENGENALAN ALGORITMA PEMROGRAMAN MENGGUNAKAN APLIKASI SCRATCH BAGI SISWA SD 13 MATARAM (Introduction to Algorithm and Programming using Scratch application for students in SD 13 Mataram). JBegaTI, 2(1), 95–102. Retrieved from http://begawe.unram.ac.id/index.php/JBTI/


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##