PENERAPAN APLIKASI SCM BUDIDAYA JAMUR BERBASIS WEB

Erly Krisnanik, Intan Hesti Indriana, Yulnelly Yulnelly, Ashilla Asyahdina

Sari


UKM Jatayu TM adalah UKM yang bergerak di bidang budidaya jamur berdiri sejak tahun 2010. Pemilik dari budidaya Jamur adalah bapak Andi Rois yang memiliki pengetahuan  tentang budidaya jamur yang kini sudah berkembang sangat baik di daerahnya. UKM Jatayu TM masih mengalami kendala dalam aspek pendistribusiannya. Hal ini disebabkan karena informasi pemasaran yang masih menggunakan media sosial. Untuk penjualan pihak pembudidaya hanya mengandalkan fitur chatting ataupun pesan langsung, akibatnya pencatatan order tidak dibuat dengan baik. Para petani juga mengalami kesulitan dalam mencatat persediaan stok jamur setelah panen selesai. Penyebabkan karena kebanyakan masih menggunakan buku untuk mencatat hasil panen yang diperoleh. Berdasarkan hal tersebut solusi yang pengabdi lakukan adalah  membantu para petani yang membudidayakan jamur agar dapat melakukan pencatatan hasil panen dan melakukan proses pemasaran serta distribusi dengan lebih efektif dan efesien dari sebelumnya melalui aplikasi Supply Chain Management. Tahapan dari penggunaan sistem SCM ini dimulai dengan mencatat petani jamur, produksi jamur yang dihasilkan, jalur dan metode pendistribusian jamur, pemasaran dan permintaan oleh pembeli dan kepada supplier. Hasil dari kegiatan abdimas adalah UKM Jatayu TM dapat menerapkan aplikasi SCM dengan optimal.


Kata Kunci


UKM Jatayu TM, SCM, jamur, petani, dan budidaya

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Asyahdina, A, Krisnanik, E, Wirawan, R. (2021). Rancang Bangun Supply Chain Management Budidaya Jamur Berbasis Web (Studi Kasus: Budidaya Jamur Jatayutm), 91–98. Retrieved from http://repository.upnvj.ac.id/9134/

Emhar, A., Murti, J., Aji, M., & Agustina, T. (2014). Sosial Ekonomi Pertanian Analisis Rantai Pasokan ( Supply Chain ) Daging Sapi Di Kabupaten Jember Supply Chain Analysis of Beef in Jember Regency, 1, 53–61.

Saptana, N. I. (2017). Manajemen Rantai Pasok Komoditas Ternak dan Daging Sapi. Analisis Kebijakan Pertanian, 15(1), 83–98.

Soares, R. A., Navarro, C. C., & Lima, R. D. S. (2008). Supply Chain Management of Second Tier Suppliers: The Use of Soft Systems Methodology and its Benefits in a Brazilian Company. Journal of Operations and Supply Chain Management, 1(2), 53. https://doi.org/10.12660/joscmv1n2p53-64

Tobing, B. (2018). Rantai Pasok Pangan (Food Supply chain). Retrieved from http://supplychainindonesia.com


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##