IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN DARING MENARIK BAGI GURU SELAMA MASA PANDEMI PADA YTI

Nurhafifah Matondang, Catur Nugrahaeni

Sari


Pada umumnya proses pembelajaran di sekolah menggunakan metode tatap muka antara guru dengan siswa diruang kelas dalam menyampaikan materi kepada peserta didik agar lebih maksimal dalam penyerapan materi pembelajaran. Masa pandemi covid 19 menuntut para pendidik agar lebih aktif dan kreatif dalam menyampaikan bahan pembelajaran secara daring/ jarak jauh. Pentingnya peningkatan teknologi bagi guru melalui multimedia untuk mempeluas wawasan IT para guru. Adapun tujuan kegiatan pengabdian ini diharapkan para guru SD dan TK lebih kreatif dalam multimedia pembelajaran yang menarik dan interaktif , adapun bagi para siswa menjadi lebih aktif berdiskusi dengan guru, tidak merasa cepat bosan belajar online, mudah menyerap materi yang disampaikan oleh guru dan meningkatkan mutu pembelajaran. Metode pelaksanakan dalam kegiatan pengabdian dengan penyampaian materi dalam dua kali pertemuan. Powtoon dan Canva sebagai salah satu tools yang dapat membantu para guru dalam membuat materi yang terlihat lebih menarik bagi siswa semasa belajar secara daring. Hasil pelatihan yang diperoleh dengan para guru yaitu menjadi lebih berkreasi dalam membuat materi pembelajaran yang tidak membuat siswa mudah bosan..

 


Kata Kunci


powtoon, canva, pembelajaran daring

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Davidson, C. N., & Goldberg, D. T. (2010). The Future of Thinking: Learning Institutions in a Digital Age. In The John D. and Catherine T. MacArthur Foundation Reports on Digital Media and Learning.

Nurdiansyah, E., Faisal, E. El, & Sulkipani, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran

berbasis PowToon pada perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.16875

Subekti, A. S., & Kurniawati, L. A. (2020). Pelatihan Mendesain Pembelajaran Daring Menarik

Selama Pandemi Covid-19 dengan Teknologi Pembelajaran Sederhana. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 588–595. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i4.4679

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA

MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA Rahma Elvira Tanjung 1) , Delsina Faiza 2) 1. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2), 79–85.

Nastainullah. Ridho (2020). Tutorial Canva, from https://masterweb.com/tutorial- menggunakan-canva/


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##