Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Menunjang Kegiatan Pendidikan di PAUD Arambi

Retnani Latifah, Yana Adharani, Popy Meilina, Nurvelly Rosanti

Sari


Di masa pandemi, institusi pendidikan sebagai salah satu instansi yang terdampak perlu melakukan kreatifitas dalam proses pembelajaran dan penarikan siswa baru. Hal ini juga perlu dilakukan oleh PAUD Arambi. Namun, guru-guru di PAUD Arambi memiliki beberapa permasalahan yaitu belum mengenal media edukasi berbasis AR untuk pembelajaran, serta belum mengetahui cara membuat desain untuk membuat media promosi, berbagi informasi maupun media pembelajaran. Untuk membantu PAUD Arambi memberikan alternatif pembelajaran dan menambah kemampuan para guru PAUD Arambi, maka pada program pengabdian masyarakat ini diberikan sosialisasi penggunaan aplikasi panduan salat dan pelatihan pembuatan desain flyer dan twibbon menggunakan aplikasi Canva di smartphone. Dari kegiatan ini diketahui bahwa media edukasi berbasis AR dapat memberikan manfaat untuk pembelajaran. Selain itu para peserta juga dapat mengikuti tutorial menggunakan Canva serta mampu menghasilkan desain flyer dengan menggunakan aplikasi Canva di smartphone. Untuk pembuatan twibbon, para peserta cukup dapat mengikuti, namun agak kebingungan dibagian penggunaan aplikasi photolayer.

Kata Kunci


media edukasi; augmented reality; canva; desain; twibbon

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Adharani, Y. et al. (2020) ‘Pelatihan Pembuatan Flyer Promosi untuk Menunjang Digital Marketing pada Klinik Kesehatan’, Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, pp. 93–102.

Apsari, Y., Lisdawati, I. and Mulyani, E. R. (2020) ‘Pelatihan Pembelajran Berbasis ICT Kepada Guru Bahasa Inggris’, Abdimas Siliwangi, 3(2), pp. 49–59.

Astawa, N. L. P. N. S. P. and Utami, N. W. (2020) ‘Pelatihan Pembuatan Buku Cerita Digital Sederhana Sebagai Bahan Ajar dalam Kondisi New Normal’, Jurnal Karya Abdi, 4(1), pp. 143–147.

Dhuhita, W. P. (2018) ‘Penerapan Multimedia Pembelajaran pada PAUD Puspasari’, in Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat 2018 Universitas AMIKOM Yogyakarta, pp. 49–54.

Faisal, M. et al. (2020) ‘Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital di Kabupaten Gowa’, Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(3), pp. 266–270.

Inzani, D. A. et al. (2021) ‘Webinar Pelatihan Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Lepa-lepa Open, 1(1), pp. 143–151.

Mahardika, A. I., Wiranda, N. and Pramita, M. (2021) ‘Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring’, Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), pp. 275–281.

Muthiadin, C. et al. (2020) ‘Edukasi dan Pelatihan Desain Infografis COVID-19 bagi Siswa dan Guru SMAN 10 Makassar’, Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 2(3), pp. 153–162. doi: 10.36312/sasambo.v2i3.313.

Setiawan, T. and Putro, F. H. A. (2021) ‘Pemanfaatan Gaphics Designer Software Canva untuk Meningkatkan Kreatifitas Promosi Produk UMKM di Cepogo Boyolali’, Intelektiva : jurnal ekonomi, sosial & humaniora, 2(12), pp. 53–56.

Suparmi, S., Yunianto, M. and Kusumandari, K. (2019) ‘Pengenalan Sains Sejak Dini Melalui IT Dan Alat Peraga Bagi Guru PAUD Dan TK Kecamatan Polokarto’, Jurnal SEMAR, 10(2), pp. 131–137.

Suwidagdho, D., Kurniawan, L. and Ningsih, R. (2021) ‘Peningkatan Keterampilan Guru BK Dalam Mengembangkan Media Bimbingan Dan Konseling Berbasis Aplikasi Online Canva’, JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), pp. 1653–1662.

Tiawan et al. (2020) ‘Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat Smk Di Smkn 1 Gunung Putri Bogor’, BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), pp. 476–480. doi: 10.31949/jb.v1i4.417.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##