Pelatihan Microsoft Excel Guna Meningkatkan Kompetensi Siswa pada PKBM Bina Bangsa Larangan Tangerang

Hendri Irawan, Riri Irawati, Dwi Achadiani

Abstract


Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh Dosen pada setiap semester. Kegiatan kali ini bekerja sama dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Bangsa Larangan Tangerang. Permasalahan yang dihadapi oleh PKBM ini adalah kekurangan tenaga pengajar materi pelajaran komputer, serta para siswa yang mayoritas berasal dari masyarakat kurang mampu dan kurang familiar terhadap kemajuan teknologi informasi. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi diri para siswa PKBM Bina Bangsa Larangan dalam keahlian  komputer terutama dalam penggunaan Microsoft Excel, sehingga dapat membantu pekerjaan mereka sehari-hari, yang nantinya dapat digunakan untuk kepentingan masa depan. Metode yang digunakan dalam pengembangan kompetensi ini adalah dengan pelatihan dan studi kasus. Pelatihan yang dilakukan merupakan pelatihan dasar penggunaan Microsoft Excel untuk pengolahan angka yang dimulai dari penambahan dan diakhiri oleh perhitungan dengan formulasi yang lebih kompleks. Kemudian studi kasus yang diberikan berupa studi kasus yang berkaitan langsung dengan pelajaran yang ada di PKBM tersebut. Hasil dari pelatihan ini yaitu kemampuan dari peserta yang meningkat, ditandai oleh pencapaian nilai tugas yang diberikan dapat terserap sebesar 100% dari tugas yang diberikan, serta nilai kepuasan dari peserta terhadap pelatihan yang disampaikan sebesar 77%.

Kata kunci: peningkatan kompetensi, pengabdian kepada masyarakat, pelatihan excel

Keywords


peningkatan kompetensi, pengabdian kepada masyarakat, pelatihan excel

Full Text:

PDF

References


Harmastuti and Setyowati, D. (2018) ‘Pemanfaatan Microsoft Excel Untuk Pembelajaran Matematika Dan Grafik’, Dharma Bakti, 1(1), pp. 57–66.

Rahman, A., Yuridka, F. and Sari, M. (2015) ‘Pelatihan Komputer Program Microsoft Excel 2013 pada SMAN 12 Banjarmasin’, Jurnal Al-Ikhlas, 1(1), pp. 5–10.

Rokhman, M. M. et al. (2018) ‘Pelatihan Pemanfaatan Microsoft Office Pada Staf Pengajar di SMPLBN (Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri) Kota Malang’, Jurnal MNEMONIC, 1(1), pp. 4–9.

Rosita, Y. D. and Ardiantoro, L. (2018) ‘Pelatihan Pemrograman Aplikasi Microsoft Office sebagai Bentuk Pengembangan IPTEK Remaja Karang Taruna Di Sumberjati, Kecamatan Jatirejo, Kab. Mojokerto’, Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan VI, pp. 625–630.

Santika, R. R., Kusdiarto, D. and Putra, B. C. (2019) ‘Pengembangan Kompetensi Berbasis Komputer dalam Rangka Persiapan Meraih Peluang Kerja pada PKBM Anak Negri Ciledug’, Prosiding SENDI_U, pp. 978–979.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SENABDIKOM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.