Pembelajaran Dasar Komputer dan Internet Sehat di Kalangan Pondok Pesantren

Noor Falih, Andhika Octa Indarso, Ria Astriratma, Sarika Sarika, Mayanda Mega Santoni

Abstract


Perkembangan dunia teknologi tidak bisa dihindari. Teknologi telah masuk ke dalam berbagai sektor kehidupan, mulai dari dalam rumah, tempat kerja, dunia pendidikan, dan masih banyak lagi lainnya. Oleh karena itu, pengetahuan mengenai dunia komputer harus dimiliki agar dapat mengoperasikan komputer dengan baik dan bijak. Selain itu, kehadiran dunia internet harus dapat dioptimalkan agar dapat merasakan manfaatnya untuk berbagai kebutuhan masing-masing individu. Dibutuhkan pelatihan mengenai dasar-dasar komputer dan internet yang sehat agar tidak salah dalam mempraktikannya di kemudian hari.

Pondok Pesantren Thafiz Khusus Anak Al-Azka Kamila sebagai salah satu penyelenggara pendidikan tingkat Madrasah Ibtida’iyyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyyah (MTs) memiliki murid-murid yang masih awam mengenai dunia komputer dan internet dikarenakan kurikulum pembelajaran di madrasah khusunya pondok pesantren lebih menekankan pada ilmu agama. Penting untuk memperkenalkan dunia komputer dan internet sejak dini ke mereka agar mereka dapat menggali ilmu pendidikan melalui dunia internet dan memanfaatkannya untuk pendidikan mereka selama disana.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan di lingkungan Pondok Pesantren Thafiz Khusus Anak Al-Azka Kamila untuk memperkenalkan dunia komputer dan internet. Selama kegiatan, para murid SD dan SMP akan diberikan ilmu dasar mengenai dunia komputer dan internet sehat, kemudian dilakukan evaluasi kepada para siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ini untuk melihat sejauh mana kepahaman mereka mengenai dunia komputer dan internet sehat..


Keywords


Pengabdian Masyarakat, komputer dasar, internet sehat.

Full Text:

PDF

References


Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2017. Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/Laporan%20Survei%20APJII_2017_v1.3.pdf (diakses 11 Februari 2019).

Bariyyah, Khairul, dan Devi Permatasari. 2017. Pelatihan Pemanfaatan Media Online dalam Layanan Bimbingan Konseling bagi Konselor Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Pamekasan Madura. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat IKIP PGRI Jember 1(1): 63–69.

Wanto Anjar, Dedi Suhendro, Agus Perdana Windarto. 2018. Pelatihan dan Bimbingan dalam Pemanfaatan Internet yang Baik dan Aman bagi Pelajar SMK Anak Bangsa Desa Bandar Siantar Kabupaten Simalungun. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang.

Astuti, Sucianty Dyah, Idola Perdini Putri, dan Dini Salmiyah Fithrah Ali. 2016. Strategi Komunikasi Program Internet Sehat Dan Aman Kementerian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia (Studi Kasus Evaluasi Program Incakap Tahun 2015). Jurnal Komunikasi Universitas Telkom.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SENABDIKOM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.