Implementasi dan Pelatihan Penggunaan E-Rapor Berbasis Web untuk Penilaian Siswa pada SMP Mitra Bintaro Kota Tangerang

Achmad Solichin, Dwi Kristanto

Abstract


Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang semakin pesat saat ini SMP Mitra Bintaro menginginkan penerapan teknologi informasi dalam proses pengelolaan pendidikan di sekolah. Salah satu permasalahan yang saat ini dihadapi oleh SMP Mitra Bintaro adalah proses penilaian yang dilakukan oleh guru-guru masih dilakukan secara manual dan kurang efektif. Kendala juga terjadi saat guru mata pelajaran telah selesai melakukan penilaian dan harus menyerahkan ke guru wali kelas. Kendala yang dihadapi antara lain keterlambatan pengumpulan nilai oleh guru mata pelajaran, dan lamanya waktu yang diperlukan bagi guru wali kelas untuk melakukan rekapitulasi nilai. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) saat ini telah menerbitkan sebuah aplikasi e-Rapor untuk dapat digunakan oleh sekolah di tingkat SMP dan SMA. Aplikasi e-Rapor memiliki keunggulan dari sisi datanya yang dapat terintegrasi dengan Dapodik (data pokok pendidikan). Berdasarkan permasalahan dan pembicaraan yang telah dilakukan bersama dengan pihak sekolah, pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan implementasi dan pelatihan sistem penilaian e-rapor bagi guru dan wali kelas di SMP Mitra Bintaro. Sebagai salah satu sekolah binaan yang menjalin kerjasama dengan Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur, SMP Mitra Bintaro berkomitmen untuk senantiasa meningkatkan kualitas pengelolaan pembelajarannya.

Keywords


penilaian siswa;e-rapor;sekolah

Full Text:

PDF

References


Dobransky, M. dan VanRy, N. (2017) Instructor-led Training vs. eLearning, EdgePointLearning. Tersedia pada: https://www.edgepointlearning.com/blog/instructor-led-training-vs-elearning/ (Diakses: 3 Januari 2018).

Kurnia, T., Destiani, D. dan Supriatna, A. D. (2012) “Perancangan Sistem Informasi Akademik Nilai Siswa Berbasis Web ( Studi Kasus : SMK Ciledug Al-Musaddadiyah Garut ),” Jurnal Algoritma, 9(17), hal. 1–9.

Malagandi, S. Y. dan Siahaan, K. (2017) “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web (Studi Kasus : Smp Negeri 5 Kota Jambi ),” Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 2(3), hal. 549–572.

Podungge, E. salim. dan Asmawati (2017) “Sistem Informasi Data Nilai Siswa Pada SMP Negeri 2 Bahodopi di Kabupaten Morowali,” Jurnal Elektronik Sistem Informasi dan Komputer, 3(1), hal. 1–128.

Solichin, A. dan Munandar, H. (2018) “Improving Learning Access for Students and Teachers with E-Learning System in The Mitra Bintaro Junior High School, Tangerang City,” in International Conference on Community Development (ICCD), hal. 1–7.

Supriyono, H., Saputro, N. A. dan Pradessya, R. A. (2016) “Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Presensi Berbasis SMS Gateway (Studi Kasus : SMP Muhammadiyah 1 Kartasura),” Prosiding The 3rd Universty Research Coloquium 2016, hal. 1–15.

Wardani, S. K. (2013) Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa berbasis Web pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI 1 Pacitan, Universitas Surakarta. UNiversitas Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SENABDIKOM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.