Pengembangan Website dan Pelatihan IT di SMA Pesat Bogor Guna Menciptakan Sekolah Berbasis Teknologi

Desta Sandya Prasvita, Ahlijati Nuraminah

Abstract


Pengguna internet di Indonesia setiap tahunnya meningkat dengan pesat, yang artinya saat ini banyak orang memperoleh data dan informasi melalui internet. Maka tidak dipungkiri semua sektor bisnis dituntut untuk memiliki media penyampaian informasi melalui internet. Tidak hanya pada sektor unit bisnis saja, sektor dunia pendidikan juga harus lebih sadar dalam pemanfaatan teknologi informasi, salah satunya dalam pemanfaatan teknologi website. Website merupakan salah satu unsur dalam penyampaian informasi menggunakan internet yang harus dimiliki dan dikembangkan oleh sekolah-sekolah. Karena perkembangan yang pesat di sektor teknologi informasi tersebut, maka dituntut juga agar sekolah-sekolah memiliki SDM yang mempunyai pengetahuan di bidang IT. Dari kebutuhan tersebut, maka dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam pengembangan website sekolah dan juga melaksanakan pelatihan kepada staff, guru, dan admin website di SMA PESAT, Bogor. Metode penyampaian materi ini berupa pelatihan dalam kelas dan praktik selama dua hari. Teknik pelatihan dilakukan dengan presentasi, diskusi, dan praktik langsung. Dalam pelaksanaannya, pelatihan berlangsung dengan lancar dan para peserta begitu antusias mengikuti pelatihan. Pada hari pertama para peserta diberikan pengetahuan dasar tentang dasar teknologi informasi dan dilanjutkan hari ke-dua para peserta melakukan praktik langsung dalam menggunakan CMS Website.

Keywords


Pengabdian Masyarakat, Website, Pelatihan, SMA Pesat Bogor

Full Text:

PDF

References


Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), (2017). Infografis Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017.

Solichin, A. Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL (e-book). Diakses pada : Agustus 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SENABDIKOM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.