TREN KUNJUNGAN PEMERIKSAAN HIV/AIDS DI PUSKESMAS SAWANGAN, DEPOK TAHUN 2022

Aisyah Fahira Lubis, Resti Ayu Risnawati, Keisha Najmina Zata Amani, Mahalia Taranrini, Muhammad Imam Fadhillah

Abstract


Latar Belakang: HIV/AIDS menjadi salah satu tantangan kesehatan global seperti fenomena gunung es (iceberg phenomenon) yang terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Memahami tren kunjungan pemeriksaan pasien HIV/AIDS di Puskesmas menjadi sangat penting dalam upaya pencegahan, pengendalian dan pengobatan penyakit ini. Studi ini bertujuan untuk menganalisis banyaknya pasien yang melakukan kunjungan pemeriksaan HIV/AIDS di UPTD Puskesmas Sawangan, Depok tahun 2022, faktor penyebab peningkatan kunjungan, serta dampaknya terhadap upaya penanganan HIV/AIDS.

Metode: Studi deskriptif dengan menggunakan metode cross sectional pada data sekunder yang berasal dari Laporan Bulanan (LB) Puskesmas Sawangan, Depok tahun 2022. Data yang diambil berdasarkan jenis kelamin, bulan, skrining dan diolah secara univariat menggunakan Microsoft Excel dan ditampilkan dalam bentuk grafik untuk distribusi masing-masing data.

Hasil: Total pasien yang melakukan pemeriksaan HIV/AIDS di puskesmas Sawangan pada tahun 2022 sebanyak 786 pasien. Mayoritas pasien yang melakukan pemeriksaan berjenis kelamin perempuan. Terdapat peningkatan yang cukup tinggi pada pasien perempuan yang melakukan pemeriksaan HIV/AIDS di bulan Juli (142 pasien) dan November (118 pasien).

Kesimpulan: Kunjungan pemeriksaan HIV/AIDS di Puskesmas Sawangan, Depok tahun 2022 didominasi oleh pasien berjenis kelamin perempuan yang meningkat pada bulan Juli dan November. Banyaknya pasien yang melakukan pemeriksaan HIV/AIDS di Puskesmas Sawangan, Depok dikarenakan adanya kesadaran masyarakat terkait HIV/AIDS, perubahan sikap dan persepsi masyarakat, dan adanya kemudahan akses pelayanan kesehatan seperti mobile vct.

 

Kata kunci: Puskesmas Sawangan, Surveilans HIV/AIDS, Tren Kunjungan Pemeriksaan


Full Text:

PDF

References


Darti, N. A., & Imelda, F. (2019). Upaya Pencegahan Dan Penanggulangan Hiv/Aids Melalui Peningkatan Pengetahuan Dan Screening Hiv/Aids Pada Kelompok Wanita Beresiko Di Belawan Sumatera Utara. Jurnal Riset Hesti Medan Akper Kesdam I/BB Medan, 4(1), 13. https://doi.org/10.34008/jurhesti.v4i1.56

Gunawan, Y., Prasetyowati, I., & Ririanty, M. (2016). Hubungan Karakteristik ODHA Dengan Kejadian Loss To Follow Up Terapi ARV Di Kabupaten Jember. 146–167.

Kemenkes, K. K. R. I. (2020). Aids/Hiv. In Social Issues in America: An Encyclopedia. https://doi.org/10.4324/9781315700724-16

Kemenkes, K. K. R. I. (2022). Penyebab, Kendala dan Upaya Kemenkes Tangani HIV di Indonesia.

Sitohang, M. Y. (2020). HIV / AIDS pada ibu hamil, ancaman nyata yang selama ini kurang diketahui. Indonesian Institute of Sciences (LIPI), 1–5. https://osf.io/ba96r/%0A

Sugihartini, R. F. B. S. (2020). Analisis Efektivitas Manajemen Program Mobile Voluntaru Counseling and Testing Human Immunodeficiency Virus (VCT-HIV): Studi di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya Wilayah Kerja Gresik. Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online), 4(10), 1449–1458.

WHO. (2021). HIV : Global Situation and Trends.

Widiastuti, E., & Arulita, F. (2022). Kejadian HIV/AIDS di Kota Semarang Tahun 2021. Higeia Journal of Public Health Research and Development.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.