PENGARUH EDUKASI “ISI BEKALKU” DENGAN MEDIA ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK GIZI PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Tantri Adhayani Pratiwi, Nathasa Khalida Dalimunthe

Abstract


Anak usia sekolah membutuhkan asupan gizi yang diperlukan untuk tumbuh kembang menuju usia remaja. Anak usia sekolah memiliki kebiasaan jajan yang tidak aman disekolah, untuk mengantisipasi jajan diluar maka perlu untuk siswa membawa bekal ke sekolah. Terdapat penelitian menyatakan lebih dari setengah siswa jarang membawa bekal ke sekolah. Edukasi gizi adalah pendekatan edukatif untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan praktik anak terhadap gizi. Media animasi merupakan media audiovisual yang menarik perhatian siswa ketika digunakan saat edukasi gizi. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis pengaruh edukasi isi bekalku dengan media animasi terhadap pengetahuan, sikap, dan praktik gizi pada siswa sekolah dasar.


Desain penelitian yaitu pre-experiment design (one group pretest–posttest). Penelitian dilakukan tanggal 10-15 Juni 2023 di SDN 1 Hajimena, Natar, Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V di SDN 1 Hajimena dengan jumlah sampel diambil dengan teknik simple random sampling sebanyak 61 siswa. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner pengetahuan dan sikap gizi, lembar observasi isi bekalku sebelum dan sesudah edukasi. Media edukasi yang digunakan yaitu video animasi (5 menit). Analisis yang dilakukan adalah deskriptif dan uji beda (Paired T-test dan uji Wilcoxon) dengan tingkat kepercayaan 95% (p<0,05).

Adanya peningkatan jumlah anak dari pengetahuan dan sikap yang cukup/kurang menjadi baik. Terjadi perbaikan jumlah kelompok makanan dalam isi bekalku sebelum dan sesudah edukasi gizi. Terdapat pengaruh edukasi gizi melalui media animasi terhadap pengetahuan gizi (p=0,000), dan sikap gizi (p=0,000), untuk praktik gizi (0,000). Edukasi isi bekalku dengan media animasi dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, dan praktik gizi siswa SDN 1 Hajimena, Natar, Bandar Lampung.

Kata Kunci: Anak Usia Sekolah, Edukasi Gizi, Isi Bekalku, Media Animasi


Full Text:

PDF

References


Briawan, D. (2016). Perubahan Pengetahuan, Sikap, dan Praktik Jajanan Anak Sekolah Dasar Peserta Program Edukasi Pangan Jajanan. Jurnal Gizi Dan Pangan, 11(3), 201–210.

Kementerian Kesehatan RI. 2014. Pedoman Gizi Seimbang. Kementerian Kesehatan, Jakarta.

Kemendikbud RI. 2016. Gizi Dan Kesehatan Anak Sekolah Dasar: Buku Pegangan Dan Kumpulan Rencana Ajar Untuk Guru Sekolah Dasar. Seameo Recfon, Jakarta.

Ronitawati, P., Sitoayu, L., Nuzrina, R., & Melani, V. (2020). Edukasi Bekal Sehat Berdasarkan Prinsip Gizi Seimbang Dengan Media " Isi Bekalku " Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Masyarakat Mandiri, 4(3), 407–414.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.