FORMULASI KAPSUL KOMBINASI KACANG HIJAU (Vigna radiata) DAN DAUN KELOR (Moringa aloefera) DAN PENGARUHNYA TERHADAP KADAR HEMOGLOBIN IBU HAMIL

Besse Yuliana, Julia Fitrianingsih, Rosmaladewi Talli

Abstract


Dunia kesehatan secara global mewujudkan kesehatan ibu dan anak dengan tingkat yang lebih baik sehubungan dengan kadar hemoglobin dalam darah.  World Health Organization (WHO) merekomendasikan kadar hemoglobin ibu hamil adalah ≥ 11 gr/dl. Pemenuhan hemoglobin dalam darah dapat diperoleh dengan mengkonsumsi kombinasi kacang hijau dan daun kelor yang diformulasikan ke dalam kapsul secara rutin selama masa kehamilan untuk memenuhi peningkatkan kadar hemoglobin  dalam darah.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimental laboraorium dan  analitik dengan pendekatan Cross Sectional Study. Penelitian dilakukan di kota Makassar dengan sampel data ibu hamil dari bulan Maret - Juni 2020. Jumlah sampel sebanyak 25 orang  dan pengambilan sampel dengan cara Consecutive sampling. Analisis data dilakukan dengan uji korelasi Pearson.

           Dari hasil penelitian setelah konsumsi kapsul diperoleh peningkatan kadar hemoglobin rata-rata pada ibu hamil  adalah 12,05 gr/dl. Jadi ada pengaruh yang bermakna dengan konsumsi kapsul kombinasi kacang hijau dan daun kelor terhadap kadar hemoglobin ibu hamil yang berada di wilayah Antang Kota Makassar. Hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa kacang hijau dan daun kelor dapat diformulasikan dalam bentuk sediaan kapsul dan  memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kadar hemoglobin ibu hamil.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.