PENGARUH MEDIA MASSA TERHADAP PERILAKU DIET: SYSTEMATIC REVIEW

Elisabeth Kristina Ari Nugrahanti, Hanifah Maulani

Abstract


Diet menjadi hal yang sudah sangat lumrah di kalangan masyarakat. Perilaku diet berkaitan erat dengan media massa. Desain penelitian ini adalah systematic review. Sumber informasi dan data didapatkankan dari berbagai macam literatur yang diperoleh dari internet. Proses pencarian data dan infoemasi di internet menggunakan kata kunci “diet” dan “media massa”pada laman Google Scholar. Penulis melakukan proses pencarian dengan membatasi jarak waktu, yaitu dari tahun 2001-2020. Penulis melakukan pengumpulan jurnal dan penelitian selama bulan Maret 2020. Ulasan ditulis sesuai denganItem Pelaporan Pilihan untuk Pelaporan Sistematis dan Meta-Analisis (PRISMA). Kami mengidentifikasi 5 artikel, penelitian dilakukan dibeberapa negara Amerika, Kanada dan Jerman. 2 penelitian menggunakan desain kualitatif dengan pengambilan data, 2 penelitian menggunakan desain penelitian systematic review dan 1 penelitian menggunakan desain penelitian eksperimental. Salah satu dari penelitian tersebut menyebutkan bahwa pada platform twitter dari 4,5 juta tweets 8% mendiskusikan diabetes, 23,7% diet, 16,6% aktifitas fisik, dan 51,7% obesitas. Diet memiliki jumlah subtopik tertinggi. Kemudian dalam penelitian berikutnya terdapat sepuluh kali lebih banyak dalam majalah wanita tentang merawat dan menurunkan berat badan dari majalah pria, di majalah tersebut paling tidak ada satu halaman yang membahas artikel tentang cara mengubah penampilan fisik.Selain itu pada penelitian yang telah dilakukan menunjukkan hubungan yang kuat antara menonton televisi dan kebiasaan makan yang tidak sehat di kalangan anak-anak. Dari beberapa studi yang telah dipaparkan terbukti bahwa media massa berpengaruh pada perilaku diet. Contoh dari media massa yang membuktikan hal tersebut terdapat pada media sosial contohnya twitter, media cetak yaitu majalah, dan media televisi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.