Perancangan Fitur Chatbot Pada Website Pendaftaran Mahasiswa Baru (Penmaru) UPN Veteran Jakarta

Muhammad Syarif Ibrahim Lubis, Andi Supriyo

Abstract


Human error merupakan salah satu faktor yang sering terjadi dalam perkembangan sebuah sistem informasi. Human error dapat terjadi karena kurangnya pemahaman akan sistem yang dikembangkan atau digunakan, kurangnya informasi yang diberikan atau diterima oleh pengguna, dan karena User Interface pada sistem yang sulit dipahami. Banyak dari calon mahasiswa yang memiliki pertanyaan dasar seputar penmaru, sehingga di butuhkan chatbot untuk menjawab pertanyaan dasar tersebut karena lebih efektif. Dengan masalah yang seperti itu maka chatbot merupakan salah satu solusi penyelesaian masalah ini karena chatbot merupakan fitur yang sering digunakan untuk membantu pengguna dalam memperoleh informasi. Chatbot pada Penmaru akan bertugas untuk menjawab pertanyaan pengguna dan menyimpan pertanyaan baru dari pengguna. Pembuatan fitur dilakukan dengan metode waterfall untuk pengembangan software dan metode PIECES untuk analisis permasalahan. Chatbot dibuat menggunakan framework dialogflow dan pengelolaan chatbot dengan console dialogflow dan google cloud function. Hasil yang diperolah adalah sebuah fitur chatbot pada website penmaru UPNVJ.

Full Text:

PDF

References


A. D. R, F. Imamah, Y. M. Andre, and Ardiansyah, “Aplikasi Chatbot (Milki Bot) Yang Terintegrasi Dengan Web CMS Untuk Customer Service Pada UKM MINSU,” J. Cendikia, vol. XVI, pp. 100–106, 2018.

H. O. L. Wijaya, “Implementasi Metode Pieces Pada Analisis Website Kantor Penanaman Modal Kota Lubuklinggau,” JUSIM (Jurnal Sist. Inf. Musirawas), vol. 3, no. 1, pp. 46–55, 2018, doi: 10.32767/jusim.v3i1.289.

Roger S. Pressman and Bruce R. Maxim, SOFTWARE ENGINEERING: A PRACTITIONER’S APPROACH, EIGHTH EDITION Published. 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.