PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-LEARNING PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS WEB

Fahmi Dzakiansyah, Titin Pramiyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem informasi e-learning pembelajaran bahasa Inggris berbasis web. Di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, terdapat mata kuliah bahasa Inggris yang dapat diambil oleh mahasiswa selama satu semester. Proses pembelajaran dilakukan secara konvensional dengan cara di kelas yang tidak dapat dikondisikan dengan baik, yaitu penggabungan berbagai individu mahasiswa yang mempunyai kompetensi bahasa yang berbeda, Maka dari itu, kesulitan dalam memahami materi menjadi beragam hasilnya bagi tiap individu. Tidak adanya sarana tambahan selain pembelajaran di kelas menyebabkan kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa di luar kampus tidak diasah, karena penggunaan bahasa Inggris tidak diterapkan sehari-hari. Untuk memecahkan masalah tersebut, maka penulis membangun sebuah sistem e-learning pembelajaran untuk mahasiswa dengan metode pengembangan sistem Waterfall dan bahasa pemrograman PHP dengan framework Laravel, Javascript, dan database MySQL. E-learning ini dikembangan menjadi pembelajaran yang meliputi elemen utama dalam menulis bahasa Inggris, yaitu grammar dan vocabulary, dengan fitur-fitur materi, kuis, chat diskusi, dan sebagainya.


Full Text:

PDF

References


Brown, H. Douglas. 2000. Principles of Language Learning and Teaching. 4th Edition. New York: The Free Press.

Misnar. 2020. E-Learning bebagai Fasilitas Untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Mahasiswa Bahasa Inggris Pada Mata Kuliah TEFL. Aceh.

Sutabri, Tata. 2012. Analisa Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Sidik, Betha. 2014. Pemrograman Web dengan PHP. Bandung: Informatika.

Rahman, Asfah. 2011. Penggunaan Web (E-Learning) Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris di Briton International English School Makassar. Makassar.

Kadir, Abdul. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kosasi, S. & Kuway, S.M. 2012. Studi Analisis Persyaratan Kebutuhan Sistem Dalam Menghasilkan Perangkat Lunak Yang Berkualitas. Pontianak.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.