Analisis Penggunaan Fitur dalam Sistem CRM pada Aplikasi Traveloka

Muhammad Zuhri, Fikriyyah Rahayu, Adinda Meitry Dinanti, Rosy Meidina Rohmah, Tri Rahayu

Abstract


Kemajuan teknologi informasi telah membawa perubahan signifikan dalam industri perjalanan, dan Traveloka, sebagai salah satu perusahaan terkemuka di Asia Tenggara, telah memanfaatkan teknologi ini dengan sukses. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana sistem informasi manajemen dan sistem Customer Relationship Management (CRM) berkontribusi terhadap kesuksesan Traveloka dalam menyediakan layanan perjalanan yang efektif. Hasil survei menunjukkan bahwa aplikasi Traveloka membantu pengguna dalam merencanakan dan menjalani perjalanan mereka dengan tingkat kepuasan yang tinggi, berkat fitur-fitur seperti Traveloka Poin, akses pesanan yang mudah, dan kemudahan penggunaan antarmuka.Selain itu, sistem CRM memainkan peran penting dalam mengelola data pelanggan, menyediakan penawaran promosi yang menarik, dan membuat pengalaman pelanggan lebih aman. Hasil juga menunjukkan bahwa sebagian besar responden merasa aman saat melakukan transaksi di aplikasi Traveloka. Namun, ada ruang untuk perbaikan dalam mencapai kepuasan yang lebih tinggi bagi sebagian responden yang merasa cukup atau kurang puas.

Full Text:

PDF

References


Ajzen, I. (2012). “The Theory of Planned Behavior. (A. K. Lange, & H. E. T., Eds.) Handbook of

Theories of Social.

Ayu, A.N.S., & Febri, A.W. (2020). Exploring the Factors Influencing Customer Loyalty to Online

Travel Agent Services. Journal of Physics: Conference Series, 1470(1), 012035.

Ayuni, R. (2016). Pengaruh Sikap Pada Iklan Online (Attitude Towards Internet Advertising) Dan

Pengetahuan Produk (Product Knowledge) Melalui Sikap Terhadap Minat Beli Dalam

Penggunaan Aplikasi Traveloka Pada Masyarakat Kota Padang. From

http://scholar.unand.ac.id/16510/

Bastian, D. A.

(2019). Analisis Sistem

Informasi Traveloka. From

https://www.scribd.com/document/396772773/Analisis-Sistem-Informasi-Traveloka

Bodnar, H., & Hopwood, W. (2000). (Amir Abadi Jusuf, & Rudi M. Tambunan., Eds.) Sistem

Informasi.

Cramer, A. (2019). An Empirical Investigation of Customer Loyalty in Mobile Applications.

International Journal of Economics, Commerce and Management, 7(9), 45-55.

DeLone, W., & McLean, E. (1992). Information Systems Success: The Quest. Information System,

-95.

DeLone, W., & McLean, E. (2003). The DeLone and McLean Model of Information Systems Success

: A Ten-Year Update. Information System.

Kandarina, A., & Lumbanraja, P. (2019). Analysis of Customer Loyalty in Online Travel Agent (OTA)

Services. In Proceedings of the International Conference on Business, Economic, Social

Science, and Humanities (ICOBESH) (pp. 288-294).

Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2000). Organization and Technology in The Networked Enterprise

Management Information System.

Petter, S., & Mclean, E. (2009). Information & Management A Meta-Analytic. Information &

Management.

Raharja, F. A. (2020). A Case Study on the Effect of Customer Satisfaction towards Loyalty Using

Traveloka as an Example. In Proceedings of the International Conference on Industrial

Engineering and Operations Management (IEOM) (pp. 4087-4094).

Rainer Jr, R., Cegielski, & Casey G. (2011). Introduction to Information Systems.

Siahaan, P. (2019). Analysis of the Influence of Perceived Usefulness and Perceived Ease of Use to

Customer Loyalty on Traveloka Application. In Proceedings of the International Conference

on Tourism, Gastronomy, and Tourist Destination (ICTGTD) (pp. 238-244).

Soetirto, A.

(2017). Sistem

Informasi Manajemen Traveloka.com. From

http://labkomsb.staff.ipb.ac.id/files/2017/02/TUGAS-SIM-INDIVIDU.pdf

Sofianti, T., et al. (2019). Analysis of the Effect of Technology Adoption and Service Quality on

Loyalty Through Customer Satisfaction (Case Study of Traveloka Users). In Proceedings of

the International Conference on Management and Entrepreneurship (ICME) (pp. 295-300).

Yazid, F., et al. (2019). The Influence of Service Quality, Customer Satisfaction, and Trust on

Customer Loyalty in Traveloka. In Proceedings of the International Conference on Tourism,

Gastronomy, and Tourist Destination (ICTGTD) (pp. 174-180).

Zeithaml, V., Bitner, M., & Gremler, D. (2009). Service Marketing – integrating customer focus

across the firm (5th ed.) New York: McGraw Hill.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.