ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DIGITALISASI SUPERMARKET

Zatin Niqotaini, Eunike Octavia Nababan, Haninda Aulia, Zaqi Amanda Lubis, Anggiat Syah Putri, Fahmi Rabbani Ilyasa

Abstract


Farmers Market adalah bagian dari perusahaan PT Supra Boga Lestari Tbk (Perseroan) yang beroperasi sebagai jaringan toko swalayan. Merek ini berkomitmen untuk menyediakan produk segar dan berkualitas tinggi, dan untuk menjaga komitmennya, diperlukan inovasi dalam proses penjualan. Oleh karena itu, penelitian ini akan membangun inovasi sistem penjualan dan aplikasi menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC) di Farmers Market. Inovasi ini mencakup pengembangan sistem "self-service" yang memungkinkan pelanggan untuk berbelanja secara mandiri, serta fitur "pick up" untuk pengambilan pesanan yang lebih efisien. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, meningkatkan efisiensi operasional, dan meningkatkan manajemen stok di Farmers Market, sebuah supermarket yang berada di bawah naungan perusahaan tersebut. Metode penelitian melibatkan tahap perencanaan, analisis persyaratan, dan desain menggunakan model SDLC. Hasil analisis kebutuhan sistem mencakup pengembangan sistem kasir self-service dan aplikasi mobile Farmers Market untuk melakukan pembelian dengan metode pick up. Perancangan sistem mencakup berbagai diagram UML dan desain antarmuka pengguna. Penelitian ini berkontribusi pada peningkatan inovasi dalam proses pembelian dan memberikan pengalaman berbelanja dengan metode lebih baru dan lebih baik bagi pelanggan, sekaligus meningkatkan efisiensi operasional di Farmers Market, sebuah supermarket yang merupakan salah satu bagian dari PT Supra Boga Lestari Tbk (Perseroan).

Full Text:

PDF

References


Zatin, N., 2019. ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM PENGADAAN BARANG DI PT INDONESIA POWER SUB UNIT PLTA CIKALONG UBP SAGULING. SisInfo–Jurnal Sistem Informasi dan Informatika, 1(02), pp.20-26.

Akbar, I., Niqotaini, Z. and Fauzi, A.R., 2023. Analisis Dan Perancangan Sistem Penjualan Pada Toko XYZ Berbasis Web Dan Mobile Menggunakan UML. NUANSA INFORMATIKA, 17(2), pp.71-82.

Permana, A.Y. and Romadlon, P., 2019. Perancangan Sistem Informasi Penjualan Perumahan Menggunakan Metode Sdlc Pada Pt. Mandiri Land Prosperous Berbasis Mobile. Jurnal Sigma, 10(2), pp.153-167.

Alda, M., 2022. Sistem Informasi Penjualan Online Berbasis Mobile pada Supermarket Kasimura. Jurnal Processor, 17(1), p.34.

Ramadhani, N.A., 2020. Penerapan zonasi pasar tradisional dan modern di kota malang. KINERJA, 17(2), pp.227-236.

Bella, A., 2019. Jumlah mini market Indonesia terbanyak di Asia Tenggara. Download 02-05-2020, https://marketeers. com/jumlah-mini market-indonesia-terbanyak-di-Asia-Tenggara.

Arman, A., 2017. Sistem Informasi Pengolahan Data Penduduk Nagari Tanjung Lolo, Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung Berbasis Web. Jurnal Edik Informatika Penelitian Bidang Komputer Sains dan Pendidikan Informatika, 2(2), pp.163-170.

Nor Ari Setiawan, N.A.S., 2016. SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI BERBASIS WEB PADA PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA (PPMH) MALANG (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia (STIKI) Malang.).

Romadlon, P. (2019) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PERUMAHAN MENGGUNAKAN METODE SDLC PADA PT. MANDIRI LAND PROSPEROUS BERBASIS MOBILE, Jurnal Sigma, 10(2), 153-167.

Fricilla, R., Priyono, H., KhafaNova, W. and Wirawan, R., 2022. Perancangan Sistem Absensi Berbasis Web pada PT. Mitracomm Ekasarana Jakarta. PROSIDING SEINASI-KESI, 1(1), pp.27-38.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.