Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan MAN 22 Jakarta

Zatin Niqotaini, Nasywa Rakha Arrafi, Nadia Destiana, Alma Hera Augustine, Andrea Berliani Yoshita, Adinda Nuril Ashfiya

Abstract


Perpustakaan MAN 22 Jakarta, sebuah perpustakaan sekolah, bertindak sebagai sarana demi menggali referensi ilmu pengetahuan. Mekanisme administrasi dan pengolahan laporan yang masih manual membentuk faktor utama keterlambatan dalam penyusunan laporan peminjaman, memerlukan tempo yang panjang untuk penyelesaiannya, kurangnya akurasi dalam mekanisme peminjaman, juga ketidaktepatan dan kurangnya keakuratan informasi atau laporan. Untuk mengatasi permasalahan ini, dibutuhkan sistem komputerisasi atau implementasi komputer yang dapat memperlaju dan menyederhanakan pembentukan data di Perpustakaan MAN 22 Jakarta, sehingga dapat menciptakan perpustakaan yang terorganisir dan sistematis. Sebab itu, penting merancang sejenis sistem informasi perpustakaan seraya menggunakan berbagai diagram UML, termasuk diagram use case, activity diagram, sequence diagram, dan class diagram. Beberapa aktor yang terlibat dalam sistem ini meliputi pustakawan, sistem, dan anggota perpustakaan. Hasil dari perancangan ini mencakup daftar aktor dan deskripsi mereka, satu diagram use case, empat diagram activity, satu diagram class, dan tiga diagram sequence. Skema ini memenuhi persyaratan untuk melanjutkan ke tahap pembangunan sistem.


Full Text:

PDF

References


Zatin, N. (2019). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM PENGADAAN BARANG DI PT INDONESIA POWER SUB UNIT PLTA CIKALONG UBP SAGULING. SisInfo–Jurnal Sistem Informasi dan Informatika, 1(02), 20-26.

Herlawati,Prabowo Pudjo Widodo.2011.Menggunakan Uml, Unified Modeling Language. Bandung: Informatika

Wahyuntini, S., & Endarti, S. (2021). Tantangan Digital dan Dinamisasi Koleksi dalam Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan bagi Prestasi Belajar Mahasiswa. ABDI PUSTAKA:

Eskha, Ahmad. (2018). Peran Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan. 2(1), 12-18.

Riswanto, Dwi. Mendekatkan Perpustakaan Umum sebagai Tempat Rekreasi Keluarga. (2021).

Sri Endarti (2022). Perpustakaan sebagai Tempat Rekreasi Informasi. Vol.2 No.1 – Juni 2022. ABDI PUSTAKA:

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Fatimah and Y. Elmasari, “Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Untuk Sma Islam Sunan Gunung Jati,” JIPI J. Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 3, Dec. 2018.

L. Kusworo and A. Handayanto, “Sistem Informasi Lomba Aplikasi Mobile Kihajar Berbasis Website pada Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan Dan Kebudayaan,” Proceeding Science and Engineering National Seminar 4, vol. 1, no. 1, 2019.

L. Sugito and Y. Sugiarti, "Rancang Bangun Sistem Informasi Kesehatan pada PT Jasa Marga Persero Tbk," Applied Information System and Management (AISM), vol. 1, no. 2, pp. 117-121, Oct 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.