Analisis Pengaruh Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Gojek Menggunakan Metode CRM

Khansafa Aqilah, Bryan Agung Pratama, Alya Martiza Febrianti, Muhammad Firza Listanto, Anita Muliawati, Tri Rahayu

Abstract


Perkembangan teknologi dan layanan transportasi berbasis online telah mengubah cara masyarakat mengakses transportasi dan kebutuhan sehari-hari mereka. Dalam konteks ini, Gojek, sebuah perusahaan startup "unicorn" yang bergerak dalam industri transportasi dan layanan berbasis aplikasi, telah memainkan peran sentral dalam menghadirkan layanan yang efisien dan inovatif kepada masyarakat, terutama di Indonesia. Fitur-fitur dalam aplikasi Gojek, seperti Go-Pay, Go-Ride, Go-Car, Go-Food, Go-Mart, dan lainnya, memberikan berbagai layanan yang memenuhi kebutuhan sehari-hari pelanggan. Penggunaan sistem CRM telah membantu Gojek dalam mengelola interaksi dengan pelanggan, memberikan layanan yang lebih baik, dan meningkatkan komunikasi antara perusahaan dan pengguna. Data pengguna digunakan untuk memahami preferensi pelanggan dan mengembangkan layanan yang lebih baik, sementara umpan balik pelanggan memungkinkan perusahaan untuk terus meningkatkan kualitas layanan mereka. Selain itu, penelitian ini menggarisbawahi pentingnya komunikasi dengan pelanggan dan penerimaan umpan balik mereka. Gojek harus berkomunikasi dengan pelanggan secara aktif, memberikan respon cepat terhadap keluhan dan masukan, dan berupaya memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Dengan demikian, Gojek dapat mempertahankan pelanggan setia dan memperluas pangsa pasar mereka. Terlepas dari pencapaian positif, ada beberapa tantangan yang perlu dihadapi Gojek, seperti kebijakan privasi, penyimpanan data, dan persaingan di pasar yang semakin ketat. Namun, dengan pengelolaan yang baik, penggunaan teknologi, dan fokus pada kepuasan pelanggan, Gojek tetap menjadi salah satu pemimpin dalam industri transportasi berbasis aplikasi.

Full Text:

PDF

References


Sudirman, Acai, Fitria Halim, dan Robetmi Jumpakita Pinem, Banten. (2020). Kepercayaan

Sebagai Pemediasi Dampak Citra Merek dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Gojek.

Rachmat, Antonius, (2020), Factors that Influence the Implementation of Applications or

websites in Developing Countries : Jurnal Technological Forecasting and Social Change.

Ben-Akiva M., Lerman S, (1985), Discrete choice analysis, The MIT Press, Cambridge

Massachusetts.

Sam, A. (2020), Customer Meanings: Definition, Types, and Some Characteristics of

Customers.

Fitriyani, Indah (2020), Machine Learning Use Cases for the Gojek App: From ETA

Predictions to Identifying Outliers: Jurnal Procedia Computer Science

Marjiani, Anisa, (2022), Sistem Pengendalian Manajemen.

Kurniawan, Afif Dwi. Struktur PT.GOJEK INDONESIA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.