Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Layanan Akademik UPN Mobile pada Mahasiswa UPN Berbasis Objek

Natasya Helmalia Putri, Nawah Nabila, Zahra Meysa Putri, Gallen Turangga, Tri Rahayu

Abstract


LeADS dan SIAKAD merupakan dua komponen penunjang pembelajaran mahasiswa UPN, namun seringkali media tersebut tidak tampak praktis dalam penggunaannya, seperti pemisahan akses untuk melihat mata kuliah yang diambil dengan transkrip nilai, keuangan mahasiswa, dll. Hal tersebut membuat mahasiswa UPN harus mengunjungi web si Akad dan Leads secara berkala untuk mengetahui informasi yang masuk. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat rancangan aplikasi mobile yang dapat meningkatkan keefektifitasan pelayanan mahasiswa di UPN sehingga penggunaan kegiatan pembelajaran menjadi lebih terstruktur dalam satu aplikasi mobile dan mengurangi kendala yang ada. Pembuatan rancangan system informasi dilakukan dengan menggunakan Unified Modelling Language (UML) dan Object-oriented Design (OOD). Penelitian ini juga merealisasikan interface berbasis mobile yang nantiny dapat diakses oleh seluruh mahasiswa UPN dengan lebih efektif.


Full Text:

PDF

References


Setiyadi, D., 2023. Pengembangan Tracer Study Berbasis Mobile Android Untuk

Meningkatkan Kualitas Lulusan Dalam Mewujudkan Kampus Merdeka. Digital Transformation

Technology, 3(1), pp.153-162.

Dilson, D. and Noviardi, N., 2018. Perancangan Model dan Prototype Aplikasi Tracer

Study Berbasis Mobile. Prosiding SISFOTEK, 2(1), pp.115-123.

Akbar, R. and Akbar, M., 2019. E-Tracer Study Based on Expert Systems (A Case Study

at AMIK Indonesia). EPH-International Journal of Science And Engineering, 5(2), pp.13-18.

Shabila, F. and Djamaludin, M.D., 2022. ANALYSIS OF SATISFACTION LEVEL AND

NET BENEFIT IPB UNDERGRADUATE STUDENTS TOWARDS THE USE IPB MOBILE

FOR STUDENT APPLICATION. Journal of Child, Family, and Consumer Studies, 1(2),

pp.131-141.

Ramadhan, D.A., Ardiansyah, F., Adisantoso, J., Asfarian, A. and Nurhadryani, Y., 2022.

Investigasi awal penggunaan layanan digital perguruan tinggi. Studi kasus: IPB Mobile for

Students. Jurnal Ilmu Komputer dan Agri-Informatika, 9(1), pp.37-46.

Maita, I., & Muttaqin, M. R. (2023). LAYANAN KONSULTASI PENASEHAT

AKADEMIK BERBASIS ANDROID DI FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN SUSKA

RIAU. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri.

Anas, Jefri Azwar, and Meini Sondang Sumbawati. "Pengembangan Aplikasi Mobile

Learning Berbasis Android Mata Kuliah Kecerdasan Buatan Di Jurusan Teknik Informatika

Universitas Negeri Surabaya." IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education 4.02 (2019)

Dinata, K. B., & Darwanto, D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Peluang Dengan

Pendekatan Kontekstual Berorientasi Pada Kemampuan Penalaran Dan Disposisi Matematis

Berbasis Android. Eksponen, 10(1), 1-10.

Sari, I. P., Kartina, A. H., Pratiwi, A. M., Oktariana, F., Nasrulloh, M. F., & Zain, S. A.

(2020). Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy

Class Di Kampus UPI Cibiru. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(1), 45-55.

Hermanto, N., & Riyanto, N. R. D. R. (2019). Aplikasi sistem presensi mahasiswa berbasis

android. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 10(1), 107-116.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.