PENGEMBANGAN USER INTERFACE INOVATIF UNTUK APLIKASI TRANSPORTASI MOBILE MAXIM DENGAN METODE BERBASIS OBJEK

Anisa Yuliawati, Rubben Siahaan, Lumongga Anastasia Situngkir, Nelpida Nahampun, Tri Rahayu

Abstract


Dalam era transformasi digital yang semakin berkembang pesat, aplikasi berbasis mobile telah mengubah secara signifikan aspek transportasi dengan memberikan kenyamanan dan efisiensi kepada pengguna. Namun, masih ada beberapa aspek User Interface yang perlu ditingkatkan dalam aplikasi Maxim, yang dimana aplikasi ini merupakan salah satu platform transportasi terkemuka. Meskipun demikian, masih ada beberapa kendala yang mempengaruhi kenyamanan customer seperti terbatasnya opsi pembayaran, kurangnya opsi untuk pembelian tiket kereta api serta kurangnya dukungan terhadap pengguna disabilitas. Untuk mengatasi tantangan ini, peneliti berusaha untuk merancang User Interface usulan aplikasi Maxim dengan fokus pada pemecahan masalah yang ada. Melalui penelitian ini, diharapkan akan memberikan solusi yang efektif untuk mengatasi kekurangan yang telah diidentifikasi. Penelitian ini mencakup analisis Use Case, State Diagram, Sequence Diagram, serta User Interface usulan pada sisi customer dan driver. Hasil penelitian ini dapat membantu mengidentifikasi masalah yang ada dan memberikan dasar untuk perbaikan dalam aplikasi Maxim, yang akan meningkatkan pengalaman pengguna dan membuka peluang baru dalam menjaga dan meningkatkan jumlah pengguna nantinya.

Kata kunci: Customer, Driver, User Interface, Maxim, Perbaikan


Full Text:

PDF

References


Saefullah. (2020). Pengaruh Kemajuan Teknologi Komunikasi dan Informasi Terhadap Karakter Anak. Diakses pada 20 Oktober 2023 dari

https://bdkjakarta.kemenag.go.id/pengaruh-kemajuan-teknologi-komunikasi-dan-informasi-terhadap-karakter-anak/

Rahmatuloh, M., & Revanda, M. R. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Jasa Pengiriman Barang pada PT. Haluan Indah Transporindo Berbasis Web. Jurnal Teknik Informatika, 14(1), 54.

Sinaga, Rini H. (2016). "Rekonstruksi Folklor Batak Toba dalam Bentuk Pertunjukan Tor-Tor Sigale-Gale." Skripsi. Universitas Negeri Medan.

Uceo. (2016). Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian. Diakses pada 25 Oktober 2023 dari https://informatika.uc.ac.id/2016/02/2016-2-18-metode-pengumpulan-data-dalam-penelitian/

Mujiati, H. (2013). Analisis dan perancangan sistem informasi stok obat pada apotek arjowinangun. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 12(1).

Khairuzzaman, M. Qadafi. (2014). "Perancangan Sistem Perpustakaan Sekolah (Studi Kasus Pada SMP NEGERI 5 Pontianak)." Khatulistiwa Informatika, vol. 2, no. 1, hlm. 65.

Dharwiyanti, Sri, dan Romi Satria Wahono (2003). Pengantar Unified Modeling Language (UML). Diakses pada 26 Oktober 2023 dari

http://romisatriawahono.net/

Sutrisno, J., & Karnadi, V. (2021). Aplikasi Pendukung Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Media Lagu Berbasis Android. Jurnal Comasie, .04(06), 35.

Ardhiyani, J., & Bachtiar, A. M. (2014). Analisis User Interface Media Pembelajaran Pengenalan Kosakata untuk Anak Tunarungu. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA).

Pratono, D. (2021) [Foto driver Maxim dengan customer, tanpa judul]. Diakses pada 25 Oktober 2023 dari

https://static.promediateknologi.id/crop/0x0:0x0/0x0/webp/photo/radarbali/2021/11/maxim-luncurkan-layanan-maxim-merchant-dorong-perekonomian-umkm_m_305397.jpg

Cititrans. [Foto perjalanan, tanpa judul]. Diakses pada 27 Oktober 2023 dari

https://images.app.goo.gl/XrMHoVttbzHJx3Fr9


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.