Sistem Informasi Arsip Surat Masuk Dan Surat Keluar di Kecamatan Cibodas

Tania Suzanne Narissa, Helena Nurramdhani Irmanda

Abstract


Penyimpanan arsip surat masuk dan surat keluar di suatu instansi sangat diperlukan sistem informasi yang dapat dengan efisien, tepat, dan cepat untuk menyortir surat-surat tersebut. Sistem ini sangat tepat digunakan oleh instansi yang masih menggunakan sistem manual sampai saat ini, salah satunya adalah Kecamatan Cibodas. Penyimpanan arsip surat yang masih dilakukan secara manual akan memakan waktu lebih banyak terutama dalam pencarian surat. Penelitian ini dilakukan dengan metode waterfall yaitu metode yang pengimplementasiannya dilakukan melalui pendekatan secara sistematis serta berurutan. Penggambaran rancangan sistem yang digunakan yaitu dengan Unified Modelling Language (UML). Sistem Informasi Arsip Surat ini merupakan sistem informasi berbasis website yang dibangun menggunakan PHP sebagai bahasa pemogramannya dan MySQL (phpMyAdmin) sebagai database penyimpanannya. Dibangunnya sistem informasi ini akan menjadikan penyimpanan arsip surat lebih efisien ketika digunakan.


Full Text:

PDF

References


Hatta, Moch., Anwar dkk. Perancangan sistem informasi pengarsipan dan disposisi surat berbasis web dengan menggunakan framework codeigniter. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 14(2), 8—12. https://doi.org/10.33005/scan.v14i2.1481. 2019.

A’id, Asep Mabrur dan Megayanti, Anita. Sistem manajemen arsip terpadu berbasis mobile android dalam menunjang efesiensi kerja PT Krakatau Steel. Jurnal Sains dan Teknologi, 4(1), 49—61. 2020.

Yulisman. Aplikasi Pengarsipan Surat Masuk dan Surat Keluar Berbasis Web pada SMP Negeri 32 Pekanbaru. Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, 3(4), 252—264. 10.32493/jtsi.v3i4.7345. 2020.

Sukamto. R. A., & Shalahuddin, M. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung. 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.