Perancangan Desain User Interface Menggunakan Metode Design Thinking Untuk Aplikasi “SiVaksin”

Fauzan Ahmat Rahmawan, Dina Septina, Ahmad Ibnu Islami, Kraugusteeliana Kraugusteeliana

Abstract


Vaksin dan Imunisasi merupakan dua hal yang memiliki peran penting dalam kesehatan masyarakat. Menurut (Remy dkk., 2015). Vaksin telah mencegah setidaknya 5 juta kematian akibat cacar air, 2,7 juta kasus campak, 2 juta kasus tetanus, hingga 300.000 kasus difteri setiap tahun dalam skala global. Namun penolakan terhadap vaksin khususnya di Indonesia masih sering terjadi. Dilansir dari Kompas.com (19 Januari 2021) penolakan terhadap vaksin bermunculan seiring dengan dimulainya program vaksinasi massal untuk memutus mata rantai penularan virus corona di Indonesia. Penyebab penolakan vaksin bermacam-macam. Ada yang disebabkan oleh hoaks seputar vaksin dan ada pula yang disebabkan faktor agama, yakni terkait kehalalan bahan baku vaksin. Selain itu permasalahan penolakan terdapat pula permasalahan antrian panjang saat vaksinasi khususnya saat vaksinasi Covid-19. Dilansir dari Kompas.com (28 Juni 2021), Jubir Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengakui bahwa membludaknya antrian warga yang hendak divaksin timbul lantaran sistem pendaftaran calon penerima vaksin yang belum sepenuhnya online. Oleh karena itu dengan menggunakan metodologi design thinking yang diusulkan oleh Institut Desain Hasso-Plattner kami membuat desain aplikasi berbasis mobile bernama “SiVaksin”. Dengan menggunakan metodologi design thinking maka kami akan berfokus untuk memberikan kemudahan kepada pengguna dan mampu menyelesaikan permasalahan yang saat ini terjadi. Oleh karena itu kami berharap aplikasi ini akan memberikan kemudahan dalam pencarian informasi terkait vaksin hingga menyediakan fitur pendaftaran online vaksinasi untuk mencegah antrian panjang saat vaksinasi.


Full Text:

PDF

References


Aulia, N., Andryana, S., & Gunaryati, A. Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Charity Menggunakan Metode Design Thinking User Experience Design Of Mobile Charity Application Using Design Thinking Method. Jurnal SISFOTENIKA, 11(1), 26–36, 2021.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Laporan Nasional RKD2018 FINAL. Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 198, 2018.

N. P. Astuti, E. G. Z. N. J. C. L. I. R. P. and D. A. S. Persepsi Masyarakat terhadap Penerimaan Vaksinasi Covid-19: Literature Review. J. Keperawatan, 13, 569–580, 2021.

Putra, D. H., Asfi, M., & Fahrudin, R. PERANCANGAN UI / UX MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING BERBASIS WEB PADA LAPORTEA COMPANY. Ilmiah Teknologi Terapan, 8(1), 2021.

The Interaction Design Foundation. https://www.interaction-design.org/literature/article/5-stages-in-the-design-thinking-process. 2021.

ZUHDI, H. I. Analisis dan Perancangan User Interface/User Experience dengan Metode Design Thinking pada Sistem Informasi Akademik Universitas Jenderal Soedirman. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman. Universitas Jenderal Soedirman. 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.