PENGGUNAAN METODE CATWOE DAN EVALUASI HEURISTIC DALAM PERANCANGAN DESAIN ANTARMUKA APLIKASI PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT "PUSKESAPP"
Abstract
Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya tanpa mengabaikan mutu pelayanan kepada perorangan. Keberadaan puskesmas menjadi lebih penting bagi masyarakat menengah kebawah imbas dari kebijakan kartu BPJS yang dikeluarkan oleh pemerintah. Namun, berbanding terbalik dengan kebutuhan, pelayanan puskesmas masih memiliki beberapa kelemahan yang ada, seperti pada sistem pendaftaran puskesmas yang terlalu rumit, informasi pelayanan yang sulit didapatkan melalui daring, kapasitas yang terlalu penuh, dan lainnya. Kelemahan-kelemahan ini menimbulkan motivasi untuk merancang aplikasi yang dapat meningkatkan effisiensi dari pelayanan puskesmas mulai dari administrasi hingga pasca upaya Kesehatan perorangan. Untuk memenuhi kebutuhan pengguna sistem informasi puskesmas, akan dilakukan penelitian dengan metode User dan CATWOE. Metode ini akan menentukan tujuan penggunaan sistem tiap pengguna dan menjelaskan apa yang dilakukan oleh pengguna secara step-by-step. Hasilnya, pengguna dapat melakukan proses berbagai macam pelayanan puskesmas lebih cepat dengan tampilan yang user-friendly dan fitur yang sesuai. Untuk pengujian dilakukan dengan metode GOMS dan Heuristic Evaluation.
Full Text:
PDFReferences
F. Lobo, “PUSKESMAS MANUTAPEN KUPANG TUGAS POKOK DAN FUNGSI.” https://www.puskmtp.dinkes-kotakupang.web.id/tentang-kami/tugas-dan-fungsi.html (accessed Jun. 04, 2021).
BPJS Kesehatan, PANDUAN LAYANAN Bagi Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS, Tahun 2020. BPJS Kesehatan, 2020.
“CATWOE Analysis,” Psychometric Success Ltd. http://www.free-management-ebooks.com/news/catwoe-analysis/ (accessed Sep. 06, 2021).
S. J. S. Wilsner, S. H. Bhatti, M. Mura, and M. B. Beverland, “Doing Design Thinking: Conceptual Review, Synthesis, and Research Agenda,” Prod. Innov. Manag., vol. 36, no. 2, pp. 124–148, 2018, doi: https://doi.org/10.1111/jpim.12466.
S. Bhattacharya, Human-Computer Interaction: User-Centric Computing for Design, First. McGraw-Hill Education, 2019.
M. Langmajer, “10 Usability Heuristics Every Designer Should Know,” uxdesign.cc, 2019. https://uxdesign.cc/10-usability-heuristics-every-designer-should-know-129b9779ac53.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.