Implementasi Sistem Keberangkatan Jamaah Umrah Berbasis Web pada PT. XYZ

Desta Sandya Prasvita, Mayanda Mega Santoni

Abstract


Animo masyarakat Indonesia untuk menunaikan ibadah umrah terus meningkat setiap tahunnya, kemenag juga mencatat pada Tahun 2019 terdapat sebanyak lebih dari 800.000 jamaah Indonesia yang menunaikan ibadah umrah. Hal tersebut menjadi tantangan bagi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Permasalahan kebanyakan PPIU khususnya di PT. XYZ saat ini salah satunya adalah dalam mempersiapkan kelengkapan jamaah yang cukup banyak dengan keterbatasan sumber daya manusia. Kelengkapan jamaah tersebut juga harus diproses dengan cepat tanpa ada kesalahan. Solusi teknologi informasi diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan tersebut, yaitu dengan pembuatan sistem keberangkatan jamaah umrah. Tahapan penelitian yang dilakukan adalah identifikasi masalah, analisis sistem, perancangan sistem, implementasi, dan pengujian. Implementasi sistem keberangkatan jamaah umrah menggunakan basis data MySQL, bahasa pemrograman PHP dengan framework CodeIgniter. Dengan adanya sistem keberangkatan umrah berbasis web ini dapat memudahkan PT.XYZ dalam mencatat data jamaah, mengolah data, dan menyiapkan perlengkapan jamaah sebelum berangkat ke tanah suci.

Full Text:

PDF

References


Abdul R, Khairunnisa F. L., Sindi H. (2015), Sistem Informasi Produk dan Data Calon Jamaah Haji Dan Umrah Pada Pt. Travellindo Lusiyana Banjarmasin Berbasis Web, Jurnal POSITIF, 1, 1-13.

Alex F, Bambang E.P., Berliana K.R. (2011), Pembangunan Sistem Informasi Layanan Haji Berbasis Web Pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Ar Rohman Mabrur Kudus, Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 3(1), 35-43.

Nur A. H, Meinarini C.U., Apris T.S. (2015), Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Haji dan Umrah Berbasis Web (Studi Kasus: Kbih Al- Karimiyah Depok), Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi , 8(2), 1-12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.