PEMBIMBINGAN DAN PENGUATAN KARAKTER BISNIS PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) KECAMATAN CIBINONG KABUPATEN BOGOR

Syarif Ali, Robinsar Marbun

Abstract


Sasaran program PKM ini adalah kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang produktif secara ekonomi. Tujuan program adalah untuk mengembangkan dan menguatkan karakter bisnis pelaku UMKM yang tersebar di Kecamatan Cibinong Jawa Barat. Mitra usaha dalam program ini adalah usaha kecil dan menengah kuliner, fashion dan kerajinan tangan yang menjadi binaan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kabupaten Bogor. Permasalahan yang dihadapi oleh kedua mitra ( kecil dan menengah) tersebut adalah sebagai berikut: 1) tidak berani melakukan terobosan inovasi, 2) tidak berfikir untuk mempunyai bisnis secara mapan 3) pola pikir masih berorientasi pada keuntungan semata 4) menganggap modal hanya berkaitan uang, 5) minimnya pembelajaran mengelola pola pikir dari pemerintah atau pihak eksternal lainnya, 6) tidak mengenal tokoh bisnis yang berhasil dengan penerapan nilai nilai universal, 7) mitra memiliki lingkungan dengan nilai budaya tradisional.

 

Dengan kondisi seperti tersebut diatas, maka program yang kami usulkan adalah : 1) memperbaharui pola pikir, 2) pendampingan konsultasi mengatasi problem karakter bisnis 3) penguatan nilai kerja yang sesuai dengan kondisi saat ini, 4) mendorong mitra menggali nilai esensial dari setiap proses pengerjaan , 5) menguatkan nilai esensial yang sudah terekspolarasi,. Hasil yang sudah dicapai adalah : 1) mitra melakukan ekplorasi nilai nilai esensial dalam setiap proses pesertaan dari pengadaan input hingga menjadi output, 2) Mitra mengakui dan memiliki kesadaran pentingnya memiliki nilai karakter bisnis baru.

Hasil dari kegiatan ini adalah terbentuknya pelaku UMKM yang memiliki pola pikir bisnis sesuai dengan tuntutan kondisi saat ini. Mitra pelaku UMKM skala kecil dan menengah diharapkan dapat menjadi role model bagi pelaku UMKM lainnya. Mitra dalam pengabdian masyarakat ini sudah mampu mengeksplorasi nilai – nilai yang selama ini di bawah alam sadar untuk selanjutnya dijadikan karakter dalam menjalankan usaha bisnisnya.

 

Keywords : nilai,pola pikir, UMKM, budaya


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.